Yann Sommer tampil sangat heroik di gelaran Euro 2020. Namanya kian disoroti saat ini. Swiss telah memaksa dua juara dunia Spanyol di tahun 2010 dan Prancis Juara dunia 2018 dibawa ke babak adu penalti pada gelaran Euro 2020. Meskipun kalah dari Spanyol melalui ajang tos-tosan tetapi Yan Sommer patut bangga dan menengadahkan kepalanya tinggi-tinggi.

Sommer tampil luar biasa sepanjang laga melawan Spanyol, khususnya di babak kedua. Ia jadi tembok pertahanan terakhir yang sangat tangguh.

Spanyol memang tidak bermain terlalu baik di laga ini, tapi mereka tetap berbahaya. Tercatat, Sommer harus membuat total 10 penyelamatan dalam 120 menit pertandingan.

Swiss bermain dengan sangat baik, khususnya di babak kedua. Dengan hanya bermain 10 orang pun, akhirnya bisa membawa Spanyol ke babak tambahan. Sayangnya mereka harus mengaku kalah dengan skor 1-3 di babak adu penalti. Sommer sudah menepis satu tembakan pemain Spanyol di babak adu penalti, tapi tiga eksekutor Swiss gagal secara beruntun.

Ini adalah ajang EURO yang tentunya akan sangat membekas bagi Yann Sommer, penyelamatan dengan menepis Kylian Mbappe, eksekutor terakhir Prancis yang akhirnya membawa Prancis ke babak selanjutnya ini akan diingat oleh masyarakat dunia betapa membahayakannya Yann Sommer.

Marco Rose, bekas manajer Sommer di Gladbach, memuji kiper 32 tahun itu sebagai salah satu yang terbaik di posisinya: "Yann adalah salah satu kiper terbaik di Eropa... Ia juga penting bagi struktur tim kami sebagai seorang individu. Yann bekerja keras setiap hari demi menjaga kualitas penampilannya atau bahkan meningkatkan kemampuan di beberapa area. Ia teladan yang absolut."

Kiper legendaris Denmark Peter Schmeichel pun merasa Sommer harusnya lebih dilirik: "Yan Sommer adalah salah satu kiper yang paling underrated di Eropa. Bukan yang terbesar, tapi bagaimana ia bermain sepakbola. Tak banyak penjaga gawang yang bisa melakukannya."

Mari kita lihat, aksi Yann Hommer berikutnya. Meski sudah tidak lagi muda, Apakah ia akan pindah ke klub yang lebih besar?

YOUR REACTION?

Facebook Conversations