Berstatus sebagai juara bertahan EURO, Portugal tidak bisa mempertahankan gelar juara. Portugal harus rela melihat juara EURO 2020 (2021) jatuh ke tangan Italia. Tapi, meski demikian Portugal masih memiliki Cristiano Ronaldo yang mendapatkan predikat Top Skor atau pencetak Gol terbanyak di gelaran empat tahunan di bentua biru.

Meski tersingkir dini, di puncak top skor, mahkota Cristiano Ronaldo terjaga dengan jumlah lima gol yang dicetak. Adapun seluruh gol CR7 tercatat melalui tiga laga Portugal di Grup F saat melawan Hongaria (2 gol), Jerman (1 gol), dan Perancis (2 gol).

Gelontoran gol megabintang berusia 36 tahun itu kemudian harus terhenti setelah timnas Portugal kalah 0-1 dari Belgia di fase 16 besar.

Torehan lima gol Ronaldo sebenarnya sama dengan torehan gol striker Ceko, Patrik Schick.

Ronaldo tetap berhak menyandang titel sebagai top skor Euro 2020 karena punya satu catatan assist, sedangkan Schick nihil umpan berbuah gol.

Berdasarkan regulasi Euro 2020, apabila terdapat pemain yang memiliki jumlah gol serupa, maka assist akan menjadi parameter lain untuk menghitung pemenang top skor.

Kemudian, jumlah menit bermain yang paling sedikit akan menjadi penentu jika gol dan assist juga identik. Ronaldo juga memiliki keunggulan dalam hal ini.

Tercatat, lima gol yang dilesakkan CR7 di Euro 2020 lahir selama tampil 391 menit. Di sisi lain, Patrik Schick membutuhkan waktu sebanyak 416 menit. 

Jelas sudah, menurut statistik. Ronaldo mutlak mendapat predikat top skor gelaran EURO 2020 (2021). 

YOUR REACTION?

Facebook Conversations