Maish segar dalam ingatan, seorang pemain belakang bernama Fabio Cannavaro, menjadi pemain terbaik dunia di tahun 2006, berkat kontribusi besarnya mengantarkan Italia menjadi juara dunia di tahun 2006. Aksi yang tak kalah heroiknya adalah Leonardo Bonucci di final EURO 2020 (2021). Ia menjadi pencetak goal dan juga man of the match.

Bek Juventus dan Italia, Leonardo Bonucci tampil brilian ketika membela timnas Italia melawan timnas Inggris dalam pertandingan final EURO 2020 di Stadion Wembley, Minggu (11/7/2021) waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Leonardo Bonucci mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-67 lewat sontekan kaki kiri setelah sebelumnya di babap pertama bek kiri Inggris, Luke Shaw, memecah kebuntuan dalam partai puncak tersebut dengan gol pada menit ke-2.

Golo para pemain belakang ini mewarnai skor imbang 1-1 hingga memasuki babak perpanjangan waktu. Setelah menit ke-120 membuat pertandingan mesti dilanjutkan ke babak adu penalti.

Setelah bermain seri, Italia keluar sebagai juara setelah menang 3-2 pada fase tos-tosan penalti. Tiga pencetak gol penalti Gli Azzurri adalah Domenico Berardi, Leonardo Bonucci, dan Federico Bernardeschi. Adapun Harry Kane dan Harry Maguire menjadi dua eksekutor penalti The Three Lions yang berhasil.

Kemenangan ini adalah kali kedua, Italia menjuarai Piala Euro setelah sebelumnya di tahun 1968. Tahun ini adalah tahun dimana pelatih tim nasional Italia, Roberto Mancini lahir. Kegemilangan Italia dan Leonardo Bonucci tidak lepas dari kepiawaian sosok pelatih yang pernah menukangi Inter Milan dan Manchester City ini.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations