Mantan Pelatih Tim Nasional Sepak Bola Italia, Antonio Conte. Rasanya masih belum masuk akal Italia gagal lolos ke final piala dunia 2022. Karena belum genap setahun, tim nasional dari negeri Pizza itu masih segar rasanya baru menjuarai EURO 2020 yang di gelar tahun lalu (2021).

Mimpi Italia lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022 pupus di babak playoff. Sebelum di favoritkan untuk bertemu Portugal di final play off, Gli Azzurri sudah ditumbangkan Makedonia Utara 0-1 dan dipastikan absen pada ajang sepakbola paling akbar tersebut.

Tak lama seusai kekalahan Italia dari Makedonia Utara, beredar isu La Nazionale masih mempunyai kans lolos ke Qatar. Hal ini dipicu oleh, Federasi Sepakbola Iran yang terancam sanksi setelah melarang perempuan menonton langsung pertandingan tim nasional mereka di stadion. Pelarangan tersebut mendapat reaksi keras dari FIFA.

FIFA diklaim keras bakal mencoret Iran dari Piala Dunia 2022 dan memberikan slot kosong kepada tim dengan koefisen tertinggi dalam peringkat FIFA. Tim dengan koefisien tersebut yakni Italia yang menduduki posisi ketujuh dunia dengan 1642,06 poin.

Lalu apakah timnas Italia diklaim masih memiliki harapan untuk tampil di Piala Dunia 2022 menggantikan Iran. 

Isu ini langsung ditanggapi oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Apa katanya?

Klaim keikutsertaan Italia di Piala Dunia 2022 menggantikan Iran langsung dibantah anggota eksekutif FIFA, Evalina Christillin. Menurutnya, FIFA tak pernah membahas topik melakukan diskualifikasi Iran dari gelaran Piala Dunia.

Christillin tak lupa menyerang balik orang-orang yang mewacanakan klaim tersebut. Dia menilai ide Italia bisa tampil di Qatar meski gagal di fase playoff adalah utopia.

Pandangan serupa juga diberikan Gianni Infantino. Presiden FIFA itu mengesampingkan kemungkinan Italia menggantikan Iran di Piala Dunia 2022.

"Cobalah berpikir serius, tolong...," kata Infantino saat ditanya soal kans Italia main di Qatar, dikutip dari Football Italia.

Sampai dengan hari ini, Iran tetap berhak atas satu tempat di Piala Dunia 2022. Skuad asuhan Dragan Skocic tersebut masuk ke dalam Grup B bersama Inggris, Amerika Serikat, serta pemenang Grup A playoff Eropa.

Siapa diantara sahabat cendekiapos yang masih kecewa Italia gagal tampil di final Piala Dunia Qatar 2022 ini?

YOUR REACTION?

Facebook Conversations