Generasi Emas Belgia yang digadang-gadang sebagai generasi terbaik sepanjang sejarah sepakbola Belgia di ajang EURO 2020 (2021) ini harus pulang di babak perdelapan final setelah ditaklukan Italia dengan skor tipis 2-1 pada hari Sabtu, 3 Juli 2021 dini hari.

Italia melangkah ke babak semi final Euro 2020 setelah menumbangkan 'generasi emas' Belgia dengan skor 2-1 pada babak perempat-final di Allianz Arena, Munich.

Semua gol tercipta di babak pertama melalui Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne yang dibalas penalti sukses Romelu Lukaku di menit tambahan paruh pertama.

Di semi-final, Azzurri akan berhadapan dengan Spanyol yang sukses mendepak Swiss lewat adu penalti pada hari Jumat (3/7) kemarin.

Gelandang Belgia Kevin de Bruyne menyesalkan kesalahan yang berujung gol pertama Italia. Gol itu dipicu kurang tenangnya pertahanan timnya saat hendak menyapu bola, sehingga malah dipotong oleh Marco Verratti yang lantas membuat assist untuk Barella.

Belgia coba lebih menekan di pertengahan babak kedua, memasukkan Dries Mertens dan Nacer Chadli. Nacer Chadli yang baru saja menggantikan Thomas Meunier langsung memberikan dampak pada menit ke-71. Umpan silangnya dari sisi kiri mengenai kaki bek Italia dan memantul tinggi. Gol bisa saja tercipta jika saja Lukaku melompat cukup tinggi untuk menanduk bola tersebut. Sayangnya, Chadli yang sempat mengkreasi peluang untuk tim malah cedera hanya beberapa menit setelah masuk lapangan.

"Rasanya kami sudah mencoba segalanya untuk memenangi pertandingan. Mereka mencetak gol fantastis, tapi gol yang pertama mungkin adalah kesalahan kami sendiri," ujar Kevin De Bruyne kepada BBC.

"Mereka punya penguasaan bola lebih banyak dan bolanya tidak mau masuk ke gawang untuk kami, yang sangat disayangkan. Tersingkir itu selalu terasa mengecewakan," sambung pemain Manchester City ini.

Hasil ini membawa Azzurri menyamai rekor kemenangan beruntun sebanyak lima kali di Piala Eropa dan berkesempatan mempersembahkan trofi besar bagi negaranya.

Sementara Belgia, setelah sempat menjadi juara ketiga pada Piala Dunia tahun 2018 ini masih harus gigit jari di EURO 2020 (2021) ini. Dan mungkin generasi emas ini masih belum habis di ajang gelaran Piala Dunia 2022 dan juga EURO 2024 berikutnya. Yuk, Belgia Mari Kita Coba lagi di kesempatan berikutnya.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations