Sejarah baru Ajax Amsterdam di kancah Eredivisie, Ajax menghajar VVV-Venlo tanpa ampun 13 gol tanpa balas. Sejarah tercipta di Eredivisie pada Sabtu (24/10) ketika Ajax Amsterdam menciptakan rekor baru kemenangan terbesar dalam sejarah kompetisi teratas Liga Belanda.

De Godenzonen mempermalukan tuan rumah VVV-Venlo 13 gol tanpa balas! Sejarah sepak bola di era modern yang hampir jarang terjadi. Sebelum pertandingan dimulai pun, Ajax memang difavoritkan untuk menuai poin penuh di Stadion De Koel, tetapi hampir dipastikan tidak ada yang memprediksi dengan margin 13 gol tanpa ampun. 

Babak pertama, dibuka keunggulan telak 4-0 untuk Ajax berkat dwigol Lassina Traore, satu dari Jurgen Ekkelenkamp dan satu juga disumbangkan Dusan Tadic. Akan tetapi, badai gol semakin menghujam VVV ketika kehilangan Christian Kum akibat kartu merah di awal paruh kedua.

Tanpa belas kasihan sedikitpun, Ajax menggelontorkan sembilan gol tambahan dalam rentang 32 menit, atau rata-rata satu gol per tiga setengah menit. Wow, Amazing!

Traore melengkapi quint-trick (5 gol) dalam pertandingan ini setelah memborong tiga gol lagi di babak kedua, sementara Ekkelenkamp melesakkan gol keduanya dan Anthony serta Daley Blind masing-masing menceploskan satu gol. Striker berpengalaman, berusia 37 tahun Klaas Jan Huntelaar yang masuk dari bangku cadangan menyumbangkan dua gol, salah satunya dari titik penalti, dan satu gol sisanya lagi lahir dari pemain pengganti lainnya, Lisandro Martinez.

Statistik luar biasa ditunjukkan Ajax lewat total 45 tembakan, dengan 23 di antaranya tepat sasaran. Meski jadi yang terbesar di Liga Eredivisie, melewati rekor sebelumnya saat Ajax mencukur Vitesse Arnhem 12-1 pada 1972, kemenangan 13-0 ini bukan rekor terbaik kubu Amsterdam di semua kompetisi. Ajax pernah pesta 14 gol tanpa balas yang dibuat De Godenzonen atas tim Luksemburg Red Boys Differdange di Piala UEFA 1984.

Poin penuh tiga angka kontra VVV-Venlo membawa skuad Erik ten Hag menggusur PSV Eindhoven di puncak klasemen sementara Eredivisie. Namun, PSV bisa merebut kembali posisi teratas jika menundukkan Vitesse pada Minggu (25/10).

YOUR REACTION?

Facebook Conversations