Inggris menjadi negara terakhir yang lolos ke babak semifinal Euro 2020. Inggris lolos usai menang atas Ukraina. Pada duel yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB, Inggris menang dengan skor meyakinkan yakni 4-0. Sebelum Inggris, ada Denmark yang juga lolos ke babak semifinal. Denmark menjadi tim 'kuda hitam' yang lolos ke babak semifinal Euro 2020. Sebelumnya sudah ada Italia dan Spanyol.

Anda penggemar berat sepakbola tentu sudah tidak asing lagi dengan Liga Italia, Liga Inggris dan Liga Spaonyol. Yang merupakan 3 negara yang memiliki liga terbaik di Eropa, bahkan di Dunia. 

Selain Denmark yang juga negara kesebelasan kuda hitam yang tidak diperhitungkan, akhirnya betul-betul bisa menjadi dynamite sesungguhnya. Jelas tiga negara lainnya memiliki kualitas sepak bola terbaik di negaranya sehingga bisa melahirkan talenta-talenta terbaik juga untuk tim nasional. Hal ini jelas terlihat ketika Italia menjadi finalis di EURO 2000, 21 tahun lalu, Italia pun menjadi juara dunia tahun 2006. Sementara Spanyol menjadi kampiun EURO 2008 dan EURO 2012 serta Juara Dunia 2010. Jelas ini adalah bukti dari hasil pembinaan dan juga liga terbaik yang disajikan oleh negara-negara tersebut.

Spanyol lolos ke semifinal lewat perjuangan yang sangat sulit. Spanyol bermain imbang 1-1 melawan Swiss di waktu normal babak perempat final. Gol Spanyol tercipta dari bunuh diri Denis Zakaria. Sementara Swiss yang bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-77 mampu menahan Spanyol hingga extra time. Namun, La Roja berhasil mengamankan tempat di semifinal usai menang di babak adu penalti. Spanyol lebih dirasakan adanya keberuntungan memenangkan duel melawan Swiss.

Italia berjumpa Belgia pada babak perempat final. Laga di Allianz Arena berjalan sangat seru. Bagaimana tidak? Belgia adalah kesebelasan yang dihuni oleh para pemain bertabur bintang dan memiliki kualitas hebat. Belgia pun memuncaki ranking FIFA, unggul cukup jauh diatas Italia. Akan tetapi Italia menang dengan skor 2-1. Gol-gol Italia dicetak Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne. Sementara, gol balasan Belgia dicetak Romelu Lukaku.

Denmark sendiri adalah tim kejutan di Euro 2020. Denmark lolos ke babak semifinal dengan mengalahkan Republik Ceko. Denmark menang 2-1 pada duel di Stadion Olimpia Baku, Sabtu (3/7/2021) malam WIB. Gol-gol Denmark dicetak Thomas Delaney dan Kasper Dolberg. Sedangkan, gol balasan Rep. Ceko dicetak Patrik Schick. Ini adalah capaian Denmark terbaik, sejak catatan mereka di Euro 1992.

Inggris lolos ke semifinal usai menang besar atas Ukraina. Harry Kane dan kawan-kawan tidak menemui kesulitan berarti di perempat final. Inggris untuk pertama kali ke semifinal Euro sejak 1996 silam. Selain tiga negara lain, Inggris punya keunggulan besar di babak semifinal. Sebab, semua laga semifinal akan digelar di Wembley. Artinya, Inggris akan bertindak layaknya tuan rumah saat berjumpa Denmark nanti.

Final Euro 2020 akan digelar di Wembley. Kini, ada empat tim yang hanya berjarak satu kemenangan untuk bisa melaju ke final Euro 2020.

Anda menjagokan kesebelasan mana?

YOUR REACTION?

Facebook Conversations