Oleh: Muflichatin El Rochimy
Akhir-akhir ini dunia sedang disibukkan dan dihantui rasa ketakutan yang luar biasa karena adanya pandemi Corona (Covid -19).
Freepik.com

Bagaimana tidak, sejak akhir tahun 2019 hingga maret 2020 saja sudah ada 200 negara yang melaporkan kasus covid-19.

Seperti yang telah dilansir oleh CNNIndonesia, jumlah kasus positif virus Corona di seluruh dunia hingga hari ini, Senin (30/3), mencapai 720.000 orang dengan angka kematian sebanyak 33.905 jiwa, dan 150.918 pasien dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data terbaru situs pelaporan online Worldometer, Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus infeksi terbanyak yaitu 141.732, dan jumlah korban meninggal dunia mencapai 2471 jiwa. Sementara Italia berada di peringkat kedua dengan jumlah kasus sebanyak 97.689, dengan angka kematian tertinggi, yaitu sebanyak 10.779 jiwa. Dan Tiongkok (China) ,asal mula virus ini terdeteksi ada sekitar 81.439 kasus, dengan jumlah kematian sebanyak 3300 jiwa. Ini menjadikan China menjadi urutan ke tiga dengan jumlah kasus terbanyak di seluruh dunia.

Sementara di Indonesia virus ini pertama kali terdeteksi pada (2/3) seperti yang telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (merdeka.com), setelah sebelumnya dengan percaya diri Menteri Koordinator Bidang Politik,Hukum dan Keamanan (Menko PolHuKam),Mahfud MD mengatakan bahwa pemerintah memastikan virus Corona belum menjangkiti Indonesia (25/2), TribunPapua.com. Tapi kenyataannya,seperti dilansir oleh CNNIndonesia di Indonesia sudah ada 1.414 kasus, dengan jumlah kematian mencapai 122 jiwa dan 75 pasien dinyatakan sembuh. "Penambahan konfirmasi kasus positif mencapai 129 orang", kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Ahmad Yurianto dalam keterangan persnya di gedung BNPB Jakarta, Senin (30/3).

Menurut WHO Coronavirus bisa menyebar melalui tetesan kecil yang keluar dari hidung atau mulut ketika bersin atau batuk. Tetesan itu kemudian mendarat di benda atau permukaan yang disentuh oleh orang sehat. Itulah sebabnya mengapa Covid-19 ini cepat menyebar dan menginfeksi banyak manusia. 

Coronavirus atau virus Corona pertama kali di terdeteksi di China tepatnya di Kota Wuhan provinsi Hubei. Diduga virus ini ditularkan lewat binatang. Sudah bukan rahasia lagi bahwa di China negeri yg berideologi Sosialis-Komunis, masyarakatnya suka memakan berbagai jenis  hewan ,mulai dari kelelawar, ular, anak tikus,dll. Bahkan orok bayi pun dimakan. Tidak tanggung-tanggung selain memakan dalam bentuk sup, ada dari mereka yang memakannya dalam keadaan mentah dan hidup. Astaghfirullahal'adzim. Sungguh kengerian dan kebiadaban yang luar biasa. 



YOUR REACTION?

Facebook Conversations