Oleh. Muhammad Ihsan, Sekjen ASSALIM (Aliansi Pengusaha Muslim)
Guna memerangi COVID-19, Jokowi kemarin mengumumkan stimulus senilai Rp 405,1 triliun. Stimulus dari Jokowi berhasil menguatkan IHSG di sesi I pembukaan IHSG.

Namun pada sesi kedua hari itu IHSG langsung anjlok dalam. 20 menit selang pembukaan perdagangan sesi II, IHSG berada di level 4.458,58 atau terkoreksi 1,77%. Investor asing membukukan aksi jual bersih senilai Rp 48,77 miliar.

Sentimen negatif yang datang dari dalam negeri tak mampu membuat euforia stimulus Jokowi bertahan lama. Sentimen negatif itu dari pengumuman pemerintah yang memperkirakan bahwa ekonomi dalam negeri bisa terkontraksi turun ke 2,3 persen, bahkan skenario lebih buruk minus 0,4 persen oleh Sri Mulyani dalam sebuah _video conference _ pada Rabu (1/4). IHSG sendiri mencatatkan koreksi sebesar 29,25% sejak awal tahun ambles sekitar Rp 2.108 triliun lebih dan terus berlanjut. investor asing jaga jarak dengan bursa saham RI.

Jika dibandingkan Indonesia, pemerintah Amerika Serikat sendiri resmi mengucurkan dana stimulus sebesar US$ 2 triliun atau sekitar Rp 32.525 Triliun dan Cina sendiri mengucurkan 1.3 Triliun RMB atau setara 3.051 rilyun Rupiah. Stimulus ini demi menyelamatkan perekonomian yang terpukul akibat dampak negatif penyebaran virus corona (Covid-19). Ini menunjukkan bahwa Pasar Kapitalis berpotensi membutuhkan stimulus yang jauh lebih besar lagi, ibarat kehausan yang terus-menerus ditengah krisis. Ini karena tabiat pasar kapitalis yang selalu mengambil penyelamatan bahkan keuntungan sendiri di tengah krisis kemanusiaan sekalipun.

Stimulus Jokowi ini pun tak mampu dongkrak rupiah, Rupiah pun semakin tertekan hingga ke nomor buncit di Asia, Rupiah sejak hari Selasa kemarin bergerak di atas Rp 16.200/US$, dan pelemahan rupiah berpotensi berlanjut, menuju Rp Rp16.500 sampai Rp 16.620/US$. Jika tidak ada stimulus yang lebih besar maka Rupiah bisa anjlok sampai Rp 17.000/US$. diprediksi bisa tembus Rp 20.000 per dolar AS dalam skenario sangat berat. 

YOUR REACTION?

Facebook Conversations