Oleh: Maman El Hakiem

Ibnu Hajar Al Asqalani dalam kitab "Nashaihul Ibad" menulis nasihat, "Nafsu itu bisa menjadikan raja menjadi budak,sedangkan sabar menjadikan seorang budak menjadi raja. Tidakkah bercermin kepada sikap Nabi Yusuf as. terhadap Siti Julaikha?"

Bersabar itu adalah amalan hati,yang muncul sebagai pembiasaan diri dalam menilai suatu perkara pada posisi yang benar. Tidak selamanya sifat sabar terekspresi dalam sikap yang pasrah atau menyerah. Bersabar dalam menjalani ketaatan justru harus terekspresi dalam sikap yang gigih dalam melawan kemaksiatan. Karena apa yang dibenci Allah SWT tentu harus terlebih dulu dilawan, daripada mencari sebuah nilai kemaslahatan.

Mereka yang bersabar di jalan dakwah, bukan orang yang hanya diam saja atau berpangku tangan saat agama dihinakan. Bersabar bukan pula sikap kekerasan, karena kekerasan adalah ranah jihad yang dimiliki negara untuk menghilangkan gangguan fisik saat agama mendapat ancaman. Inilah posisi sabar yang benar, saat jihad menjadi solusi ketika kelak dakwah juga diemban oleh negara.

Nafsu yang ada dalam diri manusia sering tidak terkendali karena salah menempatkan kesabaran. Dalam pemerintah yang sekuleristik, sering mengutamakan nafsu berkuasanya untuk mengkriminalisasi ajaran agama yang benar, terutama Islam. Mereka memandang ajaran Islam, seperti khilafah sebagai ancaman. Tidak heran seribu cara dan tangan kekuasaan dilakukan untuk menghadangnya. Mereka terjebak melakukan upaya kekerasan yang timbul dari nafsu sebagai bujuk rayu setan.

Tentu, segala bujuk rayu tidak akan pernah mempan bagi orang-orang yang beriman terhadap Allah SWT dan ajaran Islam yang  benar. Seorang raja akan menjadi budak karena nafsunya, sedangkan seorang budak akan menjadi raja karena sikap kesabarannya. Karena itu kuatkanlah tali kesabaran kita, di saat agama ini terasa bagaikan bara ketika berada dalam genggaman. Melepaskan bara justru akan membuat padamnya cahaya kebaikan, dan semakin menguatkan nafsu berkuasa sebagai raja.

Wallahu'alam bish Shawwab

YOUR REACTION?

Facebook Conversations