Oleh: @mutashim_bfr, Gen Saladin | @gen.saladin | t.me/gensaladin
Player Mobile Legend pasti kenal dong dengan hero yg satu ini? Siapa sosok di balik nama itu? Let's Cekidot!

Secara georafis, Filipina berada di Asia Tenggara. terdiri dari 7 ribuan gugusan pulau dan masih bagian dari Archipelago melayu yang berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia. Negeri kaya dengan hasil bumi yg melimpah, primadona missionaris bagi Eropa saat itu. 

Tercatat, Islam masuk ke Filipina pada abad 8 H/13 M yaitu Syekh Karim Al Makhdum berasal dari Arab tahun 1380 M. Islam menyebar lewat pedagang berasal dari Arab, India, China, melayu dan sebagainya. Mereka berniaga sekaligus mendakwahkan hakikat islam. Bahkan sebagian berhijrah, menetap dan menikah di kepulauan tersebut. Mulailah islam menyebar ke seantero kepulauan melayu dan Filipina yang saat itu masih memegang kepercayaan animisme dan berlahan mulai memudar.

Islam memberikan pengaruh kuat dan mendominasi politik negeri dengan berdirinya kerajaan-kerajaan islam di utara maupun di selatan yang dipimpin oleh seorang "Datuk/Raja". Islam menyebar tanpa menghunuskan pedang dan tetesan darah dengan spirit dakwah islamiyah menyebarkan risalah Nabi ﷺ ke negeri nun jauh ribuan kilometer dari pusat kekhalifahan islam. Hal ini cukup menepis tuduhan dan framing pembenci syariah. Ternyata Islam bukan tersebar dengan perang dan pertumpahan darah, melainkan dengan akhlaq dan dakwah hasanah. Justru tuduhan tersebut cerminan kolonialisme Eropa yg memaksakan kepentingannya di negeri jajahannya. Hal ini menjadi bukti terdapat 4 kerajaan besar beraliran islam sunni madzhab syafi'i diantaranya :

1. Kesultanan Sulu (1457) beribukota di Jolo dibawah Sultan Syarif Hasyim Abu Bakar (1450) keturunan Arab Hadramaut yang bapaknya adalah keturunan ke 14 dari Husain bin Ali bin Abi Thalib yang mengantikan Raja Baginda Ali (pendakwah dan bangsawan asal Minang sekaligus pendiri Kesultanan Sulu 1390) setelah menikahkan putrinya.

2. Kesultanan Maguindanao (1515) beribukota di Cotabato dibawah sultan Syarif Muhammad Kabungsuwan (1475) yang berasal dari Johor. Bapaknya adalah keturunan Arab bernama Syarif Zainal Abidin dan ibunya putri sultan Johor, beliau sukses menghadang penjajahan Portugal untuk menguasai daerah kekuasaan kerajaan sampai datang Spanyol mengeksekusi mati.

3. Kerajaan Amanullah (أمان الله) dibawah kuasa Raja Sulaiman, (ulama Minangkabau yang menyebarkan Islam dan mendirikan pemerintahan di utara Filipina yang beribukota di (Fi amanillah) namun oleh Spanyol diganti nama Manila. Beliau juga di eksekusi mati oleh penjajah Spanyol.

4. Kesultanan Mactan dengan Datu Lapu - lapu.

Dahulu Portugal adalah negara Eropa pertama yang menjelajah laut sampai di Nusantara Melayu pada awal abad 10 H dengan membawa misi feitoria, fortaleza, igreja. Artinya; emas! Kejayaan! dan gereja!

Portugis punya pelaut ulung Vasco da Gama, Spanyol punya Ferdinand Magellan (salah satu murid Colombus) lewat ekspedisi armada laut yang mengemban misi kerajaan spanyol untuk mencari rute perdagangan baru dengan mengarungi lautan melewati benua Afrika untuk menemukan negeri kepulauan rempah-rempah di Asia Tenggara tanpa harus melewati jalur laut Portugis yang dikenal menguasai jalur perdagangan laut dunia.

.

Ekspedisi armada laut Maggelan membawa 5 kapal besar dan 256 awak kapal pada september 1519 M dan tiba di garis pantai pulau Homonhon Filipina pada maret 1521 M dan membangun benteng pertahanan. Dia mengira telah tiba di negeri kaya rempah incaran Eropa di Jazirah Muluk (maluku) sebagaimana Columbus yang tersesat di Kuba karna mencari rempah-rempah di Hindia timur.

Magellan bertemu dengan raja Humabon (raja setempat penganut animisme) dan menawari masuk Kristen sebagai ganti akan dinobatkan sebagai raja kepulauan dibawah otoritas kerajaan Spanyol. Mereka pun berkoalisi meluaskan daerah kekuasannya ke luar pulau. 



YOUR REACTION?

Facebook Conversations