Bagi orangtua melepaskan anak ke sekolah di tengah serangan Covid-19, bukanlah hal yang mudah. Para orangtua dihadapkan pada pilihan yang sulit.

Oleh: Yanyan Supiyanti, A.Md, Pendidik Generasi Khoiru Ummah, Member AMK

Dilema. Cemas, khawatir, bingung, itulah yang dirasakan sebagian besar masyarakat dalam menghadapi datangnya tahun ajaran baru di tengah wabah yang masih belum enyah.

Dilansir oleh Kumparan.com (1/6/2020), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menyatakan tahun ajaran baru akan tetap dilaksanakan pada 13 Juli 2020. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad, menegaskan pihaknya tidak akan memundurkan kalender pendidikan ke bulan Januari. Pada laman Kemendikbud (28/5), Hamid juga menyatakan, bukan berarti kegiatan belajar mengajar tatap muka. Metode belajar akan tergantung perkembangan kondisi daerah masing-masing.

Sejalan dengan pernyataan di atas, ternyata di Surabaya terdapat 127 anak usia 0-14 tahun yang dinyatakan positif Covid-19. Kekhawatiran juga dirasakan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) serta Kementerian Agama (Kemenag) terus mengkaji langkah pembukaan sekolah pada 13 Juli 2020. Retno mengungkapkan, dari data Kementerian Kesehatan terdapat 831 anak yang terinfeksi Covid-19 (data 23 Mei 2020). Lebih lanjut, data Ikatan Dokter Anak Indonesia, 129 anak meninggal dunia dengan status pasien dalam pengawasan (PDP). Yang menyedihkan, 14 anak meninggal dengan status positif Covid-19. (Okezone.com, 27/5/2020)

Kekhawatiran masyarakat bukan tanpa alasan, sehingga kebijakan yang diambil pemerintah terkait pembukaan sekolah di tengah pandemi menuai kontroversi. Pernyataan akan dibukanya sekolah pada 13 Juli 2020 mendatang, seakan pemerintah tidak peduli dengan nyawa rakyatnya. Pemerintah mengambil risiko besar dengan mempertaruhkan nyawa anak sekolah, generasi penerus bangsa.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations