Oleh: @dedengjuheri
Kebaikan, keshalihan, dan kecantikan Sayyidah Aban binti Utbah menarik perhatian sahabat Rasulullah saw. yang mulia.

Tidak tanggung-tanggung, sahabat agung yang menaksirnya ini adalah sosok terdekat Kanjeng Nabi. Yang lebih mencengangkan lagi, sahabat ini dijamin masuk surga.

Siapkah dia? Sayyidina Umar ibn Khathab. Wanita mana yang tidak bangga dilamar lelaki saleh seperti Umar, tokoh masyarakat, kaya raya, dan gagah perkasa. 

Belum lagi kedudukannya saat itu sebagai Amirul Mukminin, Khalifah Islam yang wilayah kekuasaannya terbentang amat luas. Tapi  apa yang terjadi?

Ternyata Sayyidah Aban menolaknya. Bayangkan, seorang khalifah ditolak. Padahal kalau mau jujur, kehidupan macam apa yang hendak dicari setelah menolak lelaki yang dijamin masuk surga?

Lelaki kedua pun datang melamarnya. Tak kalah keren, muda, gagah, keponakan Rasulullah, hawari setia, pelindung yang menghunus pedang demi membela sang nabi, pemuka Quraisy yang terhormat, juga dijamin masuk surga. Ialah Zubair ibn Awwam. 

Tapi Sayyidah Aban juga menolaknya. Lelaki ketiga pun menghampirinya. Kali ini lelaki yang rasanya sulit ditolak, tampan, cerdik, riang, gagah, terhormat, juga dijamin masuk surga. Sosok utama yang amat dibanggakan oleh Rasulullah Saw, yakni Ali bin Abi Thalib. Tapi semua kelebihan yang dimilikinya itu tak jua meluluhkan hati Sayyidah Aban. Lagi-lagi Sayyidah Aban menolaknya.

Jadi, kalau hari ini engkau ditolak cinta, jangan lebay.  Jangan terlalu sedih dengan meratapi kegagalan, sehingga sulit move on, sulit bangkit. Ditolak cinta sikapi biasa saja. Bayangkan, para sahabat yang dijamin masuk surga saja gagal cinta, ditolak, apalagi kita yang bukan siapa-siapa. Tentu peluang ditolak lebih lebar.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations