Hari kemarin Alhamdulillah cukup lama menemani seorang teman yang bisnsinya sedang menanjak dan insya Allah nampaknya akan terus membesar dan kokoh, menjadi salah satu kekuatan ummat dalam membangun kekuatan ekonomi ummat dimasa yang akan datang.

Banyak proyek yang sedang digarap dengan dua perusahaan baru yang sedang dibangunnya. Saya sebagai temannya merasakan bahagia dan terus berharap kedua Allah agar bisnisnya terus berjalan lebih baik, bertambah kuat dan diliputi keberkahan dari sisi Allah Ta'ala. 

Anak muda ini menekuni bisnis sejak masa kanak-kanak dan sudah belasan bisnis beliau jalani dan saat ini nampaknya beliau punya pola sangat baik berdasarkan pengalaman masa lalu. 

Ada satu rahasia yang menurut saya  sangat menonjol yang menjadi kunci  kesuksesannya saat ini. Yaitu berbakti kepada ibunya dan istiqamah diatas jalan bakti ini. 

Dalam salah satu ceramah beliau yang saya hadiri, beliau menyampaikan bahwa berbakti pada ibu lebih terbukti menjadi sebab paling cepat memperlancar segala urusan dan memperbaiki segala keadaan.  

Beliau sangat yakin semua potensi dirinya, lebih besar manfaatnya, lebih tumbuh dan lebih berkembang jika diawali dari berbakti kepada ibunya. Ini yang beliau rasakan dan beliau terima selama ini. 

Teori ini aslinya bukan hal baru. Ini adalah cara lama yang memang sangat mujarab untuk menjadi obat dari berbagai kegagalan. 

Rumusnya sangat jelas. Ridla Allah bersama Ridla orang tua, terutama ibu

Saya sebagai sahabat terus berusaha menguatkan dan memberi masukan agar beliau Nyata dan berwujud menanti kekuatan ummat, sekarang dan masa yang akan datang. 

Diantara upaya menguatkan beliau adalah memberi masukan bahwa berbakti kepada ibu sebagai jalan kesuksesan adalah bentuk ikhtiar imani. Sementara itu ada satu ikhiar lagi sebagai penopang meningkatkan derajat diri, yaitu Ikhtiar Ilmi. 

Untuk itu, saya selalu memberikan masukan  dorongan dan gambaran agar terus menambah kapasitas ilmu bisnisnya m, baik secara otodidak atau juga melalui berguru pada pelatihan-pelatihan bisnis yang diselenggarakan oleh para praktisi bisnis yang sudah sukses mendahului beliau. 

Yang sayang yakini, bahwa ikhtiar imani jika diimbangi dengan ikhtiar Ilmi, maka hasilnya pasti lebih dahsyat. 

Iman dan ilmu satu kesatuan utuh yang wajib menyatu dalam diri setiap muslim, terutama wajib ada pada diri pengusaha muslim. 

Ruang lingkup ikhtiar imani Meliputi doa, Tawakkal, Husnudzon, ta'aluq ilallah dan berbakti kepada kedua orang tua. 

Ruang lingkup ikhtiar Ilmi, meliputi menerapkan ilmu komunikasi, jaringan, teknologi, akuntansi, manajemen, leadership, pemahaman ekonomi mikro, ekonomi makro dan geopolitik. 

Semoga bermanfaat, Barokallahu Fiikum

Serang, 08 Juli 2020

YOUR REACTION?

Facebook Conversations