Seseorang harus melangkah jauh untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, lebih banyak dan lebih variatif.

Pagi ini belum ada ide yang menggelitik kuat untuk ditulis dalam catatan pagi Ki Iding Banten. 

Inpirasi ada namun masih sekitar mancing. Ga apa-apa lah saya menulis mancing lagi saja. 

Jika kemarin kita mengambil hikmah dari bandul, maka pagi ini nampaknya bagus kalau kita ambil hikmah dari kenur atau senar pancing. 

Senar pancing itu panjang, kemarin saya mencoba mengukur berapa satu gulungan senar pancing yang lebih besar untuk mancing tanpa Joran pancing. Ternyata panjang juga, sekitar 60 Meter. 

Senar pancing harus panjang, sebab harus menjadi wasilah antara umpan dan ikan. Semakin dalam lautan atau area spot mancing, makan senar harus bertambah panjang. Bandul dan umpan harus sampai dasar agar mendapatkan ikan yang diinginkan. 

Apa hikmah dibalik senar pancing ini?? 

Yang ada dalam pikiran saya adalah bahwa seseorang harus melangkah jauh untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, lebih banyak dan lebih variatif. 

Bertambah panjang perjalanan, maka bertambah terbuka peluang mendapatkan apa yang kita inginkan. 

(فَإِذَا قُضِیَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِی ٱلۡأَرۡضِ وَٱبۡتَغُوا۟ مِن فَضۡلِ ٱللَّهِ وَٱذۡكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِیرࣰا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُونَ)

[Surat Al-Jumu'ah 10]

Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung.

Melangkah lebih jauh, menjangkau lebih panjang, bertemu banyak titik dan belajar dari berbagai area kehidupan. Ini semua kunci sukses. 

Senar juga kecil, kuat dan lentur. Ini yang dibutuhkan diberbagai area kehidupan. Badan boleh keblcil, sebab memang kecil, jauh lebih kecil dari gunung. Kecil berefek pada ringan dan mudah dimanfaatkan. Senar kecil tapi kuat, ya begitulah kehidupan siapa yang kuat dan memiliki daya tahan prima dia yang akan memenangkan pertarungan. Senar itu lentur. Kelenturan, fleksibilitas dan daya kenyal wajib ada bagi yang memiliki ambisi sukses. Sebab sukses artinya kesiapan untuk memanfaatkan segala potensi, pendekatan, cara, situasi dan kondisi sekarang dengan target yang direncanakan. 

Tujuan tidak boleh berubah, namun cara, Methode, pendekatan dan upaya wajib memiliki banyak alternatif. Genius of and. Memanfaatkan seluruh potensi untuk sampai tujuan akhir. 

Barokallahu Fiikum, 

Serang, 31 Mei 2020

YOUR REACTION?

Facebook Conversations