Oleh : Riana Magasing
Praktisi Pendidikan

Seorang gadis bernama Agesti Ayu Wulandari tengah menjadi perbincangan hangat saat ini lantaran melaporkan ibu kandungnya, Sumiyatun (36) ke polisi.

Dengan alasan ingin mencari keadilan terhadap tindakan sang ibu terhadap kepada dirinya. Walaupun disebut sebagai anak durhaka atas tindakannya memenjarakan sang ibu, A mengungkapkan alasannya mengapa tidak mencabut laporan proses hukum terhadap S ibunya.

Seperti dilansir Grid.ID - Senin, 11/01 2021, anggota DPR RI Edi Mulyadi saat melakukan telepon dengan A yang berseteru dengan ibu kandungnya, A mengaku dirinya melaporkan ibunya terkait kekerasan tersebut karena tidak ingin membuka aib yang sebenarnya. Ayu mengungkapkan, Ia melaporkan ibu kandungnya, karena saya tidak ingin membuka aib ibunya dan keluarga. Saya hanya ingin mencari keadilan, karena keadilan itu ada di hukum," tambahnya.

Kasus di atas bukan satu-satunya yang menggambarkan efek  dari kerusakan keluarga. Hal yang sama juga terjadi di Lombok Tengah seorang anak berinisial M (40) yang ingin memenjarakan ibu kandungnya, K (60) karena masalah sepeda motor.

Nasib ibu dan anak dalam sistem demokrasi kapitalis sangat mengenaskan. Krisis keluarga yang dialami rakyat semakin hari  tak bisa di hindari lagi sudah terlalu banyak pelanggaran norma, moral, dan perbuatan bebas yang menyimpang yang telah merusak keluarga dan generasi.

Ibu di dalam Islam adalah sosok wanita yang berperan sebagai pelengkap dalam kehidupan rumah tangga. Dan mulia di mata Allah yang diberi anugrah untuk mampu meneruskan keturunan dan mampu mengandung bayi hingga melahirkan, ibu adalah seorang yang wajib dihormati. Menjadi pendidik yang terbaik, ibu yang salehah dan cerdas akan menanamkan berbagai ilmu kebaikan untuk anaknya sejak kecil sehingga anaknya pun tumbuh dewasa.

Ketakwaan akan menjadi penentu lahirnya individu-individu muslim yang hanya patuh pada Allah SWT, ikhlas dengan Islam yang diyakininya, dan hanya mau diatur oleh  aturan Allah SWT.

Wallahu a’alam bishawab

YOUR REACTION?

Facebook Conversations