Oleh: Gen Saladin
Tahukah kamu, bahwa Abdurrahman An Nashir adalah raja muslim yang paling lama memerintah Andalusia. Beliau memimpin Andalusia selama 50 tahun 6 bulan.

Beliau dikategorikan sebagai salah satu pemimpin terkuat Andalusia seperti kakek moyangnya Abdurrahman Ad Dakhil. 

Abdurrahman adalah seorang yang mencintai ilmu dan seni yang hebat, terutama arsitektur.  Sepertiga dari pendapatan negara di masanya mencukupi biaya pelayanan rakyat, sepertiga disimpan, dan sepertiga dialokasikan untuk infrastruktur.

Beliau memiliki kompleks istana besar, yang dikenal sebagai Madinah Azzahra, yang dibangun sekitar lima kilometer utara Córdoba.  Madinah Azzahra dimodelkan seperti istana Umayyah lama di Damaskus. Dikatakan bahwa Córdoba berisi 3000 masjid dan 100.000 toko dan rumah selama masa pemerintahannya.

Di bawah pemerintahannya, Córdoba menjadi pusat intelektual paling penting di Eropa Barat. Dia memperluas perpustakaan kota, yang di kemudian hari akan lebih diperkaya isinya oleh para penggantinya.

Dia juga memperkuat armada Kaum Muslimin di Semenanjung Iberia, yang menjadi yang paling kuat di Eropa Mediterania.  Kekuatan armada laut Kaum Muslimin ini menjadi perompak-perompak Spanyol pindah ke Galicia, Asturias, dan Afrika Utara.

Selama memerintah, Abdurrahman terkenal toleran terhadap non-Muslim, Yahudi dan Kristen dan diperlakukan dengan adil sebagaimana pesan Rasulullah untuk berbuat adil kepada mereka yang tidak memerangi Kaum Muslimin. Negara-negara Eropa mengirim utusan-utusan pada beliau seperti dari Otto I Jerman, dan kaisar Bizantium.

Referensi :

1. Abd al-Rahman III". Encyclopædia Britannica. I: A-Ak - Bayes (15th ed.). Chicago, IL: Encyclopædia Britannica, Inc. 2010

2. Qisshatul Andalus, Dr Raghib Sirjani

YOUR REACTION?

Facebook Conversations