Oleh : Mirna

"Betapa hatiku takkan pilu
telah gugur pahlawanku
betapa hatiku takkan sedih
hamba ditinggal sendiri

Siapakah kini plipur lara

nan setia dan perwira

Siapakah kini pahlawan hati

Pembela bangsa sejati."

Sekilas sepenggal sair lagu ini tentulah mengingat kan kita tentang tragedi tenggelam nya "KRI Nanggala kapal selam negri ini yang menewaskan lebih dari lima puluh anggotanya yang terdiri dari prajurit yang telah terlatih sungguh miris.

Ironis nya para prawira ini tidak gugur dalam peperangan, melainkan karena tenggelam yang di akibatkan kurang serius nya negri maritim ini mengelola alutsista dengan alasan anggaran terbatas sehingga mengakibatkan hilangnya nyawa para prawira terlatih negri ini

"Kita memang perlu meremajakan alutsista kita. Banyak alutsista kita memang karena keterpaksaan dan karena kita mengutamakan pembangunan kesejahteraan kita belum modernisasi lebih cepat," kata Prabowo, Kamis, 22 April 2021.

Tidak hanya itu Ada 2 KRI lain yang mengalami insiden selain Nanggala di negeri ini pertama adalah KRI Rencong-622 buatan Korea Selatan tahun 1979 yang terbakar dan tenggelam di Papua Barat pada September 2018; kemudian KRI Teluk Jakarta-541 buatan Jerman Timur tahun 1979 tenggelam di Jawa Timur pada Juli 2020 sungguh tragis.

Menyedihkan memang ketika melihat kejadian yang menimpa para perwira negri yang harus gugur di karenakan kelalaian yang disebabkan kesalahan prioritas hingga berdampak korban jiwa pada prajurit terlatih.

Hendaknya penguasa lebih serius lagi dalam mengelola benteng pertahanan negri maritim   dengan cara menyiapkan peralatan perang,baik persenjataan,ataupun sarana sarana yang terbaik demi untuk melindungi negeri.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَاَ عِدُّوْا لَهُمْ مَّا اسْتَطَعْتُمْ مِّنْ قُوَّةٍ وَّمِنْ رِّبَا طِ الْخَـيْلِ تُرْهِبُوْنَ بِهٖ عَدُوَّ اللّٰهِ وَعَدُوَّكُمْ وَاٰ خَرِيْنَ مِنْ دُوْنِهِمْ ۚ لَا تَعْلَمُوْنَهُمُ ۚ اَللّٰهُ يَعْلَمُهُمْ ۗ وَمَا تُـنْفِقُوْا مِنْ شَيْءٍ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يُوَفَّ اِلَيْكُمْ وَاَ نْـتُمْ لَا تُظْلَمُوْنَ

"Dan persiapkanlah dengan segala kemampuan untuk menghadapi mereka dengan kekuatan yang kamu miliki dan dari pasukan berkuda yang dapat menggentarkan musuh Allah, musuhmu, dan orang-orang selain mereka yang kamu tidak mengetahuinya; tetapi Allah mengetahuinya. Apa saja yang kamu infakkan di jalan Allah niscaya akan dibalas dengan cukup kepadamu dan kamu tidak akan dizalimi (dirugikan)."

(QS. Al-Anfal 8: Ayat 60

Dengan adanya persiapan dan peralatan yang terbaik akan membuat para musuh musuhnya gentar karena takut akan kekuatan militer dan kokohnya  negeri ini, sehingga tidak mudah untuk di jadikan ajang rebutan kepentingan negara negara besar, selain itu juga akan memungkinkan kecilnya terjadi kecelakaan yang di akibatkan oleh lapuk nya alutsista yang di miliki negri ini.

Wallahu a'lam bissowwab.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations