Oleh: Siti Aisyah

Saat ini dunia dihebohkan dengan wabah Covid-19 yang kita tidak tau apa yang Allah ta'ala rencanakan. Tapi yakinlah segala baik dan buruk ada hikmahnya, seperti yang pernah tertulis di tinta sejarah peradaban Islam.

Ketika Allah menurunkan wabah thaun begitu lamanya kemudian Allah memenangkan Islam dan kembali menguasai Turki Usmani. Akhirnya 2/3 dunia telah diwarnai oleh Islam. Semua dilakukan dengan semangat perjuangan yang dilakukan dengan landasan akidah Islam. Allah memenangkan perjuangan pasukan terbaik yang tentunya dipimpin oleh Panglima terbaik. Ya.. itulah sosok Pahlawan muda yang memperjuangkan Islam yaitu Sultan Muhammad Al Fatih. Dengan perjuangan pasukannya maka penerapan Islam dapat diterapkan secara menyeluruh di 2/3 dunia termasuk Turki dalam institusi Negara Khilafah Islamiyyah, sesuai dengan apa yang Rasulullah saw contohkan.

Dipertengahan tahun 2020 seketika dunia dibuat merinding dengan lantunan suara adzan di masjid Hagia Sophia, Turki. Masjid bukti sejarah peradaban Islam yang sudah lama dijadikan sebagai musium, pasca runtuhnya institusi Khilafah sampai hari ini.

Sungguh Islam membuat hati dan jiwa tenang, membuat akal waras dan sehat, dan tentunya apa yang terjadi selama Islam dijadikan aturan membawa Rahmat untuk seluruh alam. Ya itulah Khilafah Islamiyyah yang jika ditegakkan tentunya akan menerapkan seluruh aturan dari Allah ta'ala yang tertulis dalam Al Qur'an dan dicontohkan oleh Baginda Rasulullah shalallahualaihi wasallam.

Saat Konstantinopel ditaklukan oleh Sultan Muhammad AlFatih, beliau begitu menjaga ibadah pasukannya dan tampak wibawa sebagai sosok pemimpin yang tegas dan adil. Maka saat ini bukti sejarah itu tak dapat dihilangkan. Sehingga bukan hanya masyarakat Turki  tapi seluruh kaum Muslim di seluruh penjuru dunia saat ini  begitu antusias dengan kembalinya Hagia Sophia menjadi Masjid dan kembali digunakan untuk melaksanakan sholat berjamaah. Janji Allah itu pasti karena ketetapan Pencipta tak mungkin ingkar. Mungkin inilah episode yang mengawali kembali berjayanya Islam sebelum janjiNya (tegaknya kembali Khilafah Islamiyyah ala minhajji nubuwah) terwujud.

Sejatinya sebagai seorang muslim kita harus kembali pada aturan Allah ta'ala yang jelas bukan sekedar agama ritual tapi dalam segala aspek kehidupan. Riwayat membuktikan bahwa pada masa Khilafah Islamiyyah diterapkan semua rakyat baik muslim maupun non muslim aman dalam melaksanakan ibadahnya, ilmu pengetahuan dan sains maju ditandai banyak ahli dan penemu muslim, itu karena akses pendidikan dijamin oleh Khilafah, kebutuhan asasi (sandang, pangan, papan) rakyat terpenuhi, kesehatan rakyat pun dijamin oleh Khalifah, keamanan pun terjamin minim kriminalitas karena semua aturan berjalan dan sanksi diterapkan.

Semua itu terjadi ketika aturan Allah diterapkan secara Kaffah bukan setengah-setengah.

Yakinlah janji Allah itu pasti, karena Khilafah risalah Rasulullah saw.

Waahualam bishawab.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations