Oleh : Sri Handayani

Syahdu mempunyai arti khidmat, mulia, agung. Ramadhan syahdu adalah ramadhan yang agung yang kita tunggu-tunggu kehadirannya ditengah suasana bumi yang sedang 'sakit', Ya..sakit, tidak hanya karena covid19, tapi sakit diseluruh permukaan sehingga tidak ada celah atau ruang kita untuk bernafas lega menghadirkan kebenaran, kedamaian, ketenangan dan kesejahteraan.

Bencana yang datang bertubi-tubi menimbulkan kesedihan mendalam, Islam dijadian kambing hitam ditengah-tengah pemboman dan penembakkan, satu persatu ulama-ulama yang haq yang hanif ditangkap tidak jelas kasusnya, Tentara kebanggaan negri pembela bangsa gugur dalam bertugas karena peralatan yang tua dan mengalami kerusakan, pelarangan mudik lebaran tapi warga asing boleh masuk dengan mudahnya. Kecurangan-kecurangan dan korupsi semakin jelas dan mudah tanpa takut lagi, seakan tiada habis ketidakadilan dipertontonkan.

Sungguh Ramadhan kali ini terasa semakin syahdu ditengah kesedihan mendalam yang dirasakan umat yang tidak bisa berharap kepada manusia tapi besar disandarkan harapan itu hanya kepada Allah, sang Maha Pencipta kehidupan dan alam semesta ini.

Walau masih ada yang nakal tidak berpuasa, walau masih ada yang bermaksiat, membunuh dan kriminal yang lain. Remaja masih ada yang rusak prilakunya. Tapi tidak sedikit pula yang gila menghadiri majelis-majelis ilmu Allah, majelis qur'an, ikut tadaburnya, membacanya hingga berlomba-lomba mengkhatamkan al qur'an, dan tidak sedikit anak hingga remaja bersuka cita hingga bersungguh-sungguh untuk menghafalkannya.

Alhamdulillah, perlahan tapi pasti. Umat ini akan sadar, umat ini akan bangkit dari keterpurukan, umat ini akan jaya dengan kesadaran penuh penyadaran hidup hanya dengan Allah. Hanya dengan aturan Allah, hidup itu akan mulia dan sejahtera.

Semoga semangat ramadhan kali ini, mengantarkan umat untuk semakin mencintai Allah dan Rosul Nya diatas segalanya, sehingga tidak ada keraguan pula untuk diatur kehidupannya dengan hukum yang Allah berikan yaitu dalam Al Qur'an dan As Sunnah. Aamiin ya Rabb.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations