Oleh: Puji Yuli

Saat ini kita sudah masuk sekolah setelah liburan idul fitri. Pihak sekolah itu akan mengadakan kegiatan halal bihalal antara guru dengan siswa saat masuk pertama sekolah setelah libur idul fitri.

Halal bihalal ini merupakan kegiatan yang penting bagi para siswa. Di mana, dalam kegiatan halal bihalal itu adanya saling memaafkan atas segala kesalahan yang sudah dilakukan selama ini. Karena manusia adalah makhluk yang lemah dan tak luput dari dosa dan kesalahan, makanya di moment idul fitri ini penting dilakukan kegiatan halal bihalal di sekolah untuk saling bermaaf-maafan antara guru, tata usaha, kepala sekolah dan para siswa. 

Pentingnya kegiatan halal bihalal di sekolah itu untuk mendidik para siswa agar saling memaafkan atas kesalahan orang lain. Serta kegiatan ini sebagai sarana bagi guru untuk melakukan pendidikan kepada siswa pentingnya rasa persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah. Kegiatan halal bihalal ini juga menumbuhkan rasa keimanan sebagai pondasi dasar dalam kehidupan. Dimana, manusia itu mahluk yang lemah dan pernah melakukan kesalahan dalam menjalankan kehidupan ini. Sehingga perlu adanya persaudaraan untuk saling mengingatkan dan memaafkan. 

Moment halal bihalal di sekolah itu bisa sebagai sarana untuk mengajarkan tentang indahnya persaudaraan dalam Islam. Dimana, Islam mengajarkan tentang ukhuwwah Islamiyah dan persatuan umat berdasarkan Alquran.  Islam tidak mengenal adanya individualis, egois dan permusuhan sesama kaum muslimin. Karena pada hakekatnya kaum muslimin itu ibaratnya satu tubuh. Apabila ada satu bagian tubuh yang sakit maka seluruh tubuh akan merasakan sakit. Makanya Islam dan Alquran itu akan memberikan rahmat bagi semesta alam apabila dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan dunia ini. 

Oleh karena itu, pentingnya kegiatan halal bihalal ini diadakan di sekolah saat masuk sekolah habis liburan idul fitri. Hal ini untuk menanamkan rasa persaudaraan di lingkungan sekolah agar bisa nyaman dalam melakukan kegiatan pembelajaran menuntut ilmu. Selain itu, moment halal bihalal ini bisa sebagai pembelajaran bagi siswa untuk tidak bermusuhan dengan temannya dan rela untuk saling memaafkan atas kesalahan orang lain. Itulah indahnya ajaran Islam dan Alquran tentang ukhwah Islamiyah dan pentingnya rasa memaafkan atas kesalahan orang lain. 

Semoga dengan kegiatan halal bihalal di sekolah ini bisa menjadi spirit untuk semangat belajar Islam kaffah. Agar generasi muda muslim ini bisa menjadi khairu ummat atau umat yang terbaik. Aamiin

YOUR REACTION?

Facebook Conversations