Virus corona kini tengah mewabah dan menjadi pandemi di seluruh dunia. Sebanyak 173 negara tengah berjuang menekan dan memerangi virus corona (Covid-19).
elespanol.com

erbagai upaya telah oleh para pemerintah di seluruh dunia. Seperti memberlakukan lockdown, social distancing dan work from home bagi karyawan. Tak hanya itu, pemerintah juga telah mengimbau untuk rajin cuci tangan dan menjaga kesehatan.

Di Indonesia sendiri per Selasa (24/03/2020) terdapat 686 kasus positif Covid-19 dengan jumlah pasien yang meninggal dunia sebanyak 55 dan dinyatakan sembuh sebanyak 30 orang. Sementara secara global, data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan telah menginfeksi 378.287 orang, 16.497 orang meninggal sedangkan 100.985 orang dinyatakan sembuh.

Untuk diketahui, orang yang terpapar virus Corona bisa saja dalam kondisi sehat atau tidak sakit, sehingga seperti apa gejala terkena penyakit Covid-19 ini penting untuk diketahui. Sedangkan, setelah merasakan gejala, langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memastikan virus Corona tidak menulari orang di sekelilingnya.

Sobat Cendekia telah merangkum dari berbagai sumber indikasi seseorang terinfeksi virus Corona dan langkah pertama yang perlu dilakukan, pada Selasa (24/3/2020).

BACA JUGA:

Demam Tinggi seperti Flu

Demam tinggi seperti flu bisa menjadi indikasi seseorang terinfeksi virus corona di tengah keberadaan wabah ini. Walau pada kenyataannya demam menjadi tanda berbagai penyakit. Namun, demam saat wabah seperti ini harus diwaspadai. Suhu normal manusia ialah 26,1 hingga 37,2 derajat celcius. Di atas suhu berikut, seseorang tersebut bisa dikatakan terserang demam.

Mengalami Batuk Parah

Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Satu di antaranya ditandai dengan batuk parah. Gejalanya seperti terinfeksi virus pneumonia, di mana paru-paru terinfeksi bakteri, jamur atau virus.

Sesak Napas

Bila sistem pernapasan yang diserang, seorang yang terinfeksi besar kemungkinan akan mengalami sesak napas. Hal ini merupakan lanjutan dari batuk parah yang dialami, di mana paru-paru terinfeksi bakteri, jamur atau virus. Infeksi tersebut menyebabkan seseorang mengalami sesak napas pendek sehingga kesulitan untuk bernapas jika sudah sampai parah.

Pilek dan Sakit Kepala

Mengalami pilek dan sakit kepala merupakan tanda lain seseorang telah terpapar virus corona, hal ini menjadi kondisi umum yang dialami. Selain itu, cairan lendir dari flu dapat berisiko membuat orang lain tertular. Sakit kepala yang dirasakan seseorang yang terinfeksi virus corona bersamaan dengan suhu tubuh yang juga tinggi karena demam.

Hingga saat ini pemerintah Indonesia masih menerapkan social distancing dan mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah. Ke luar rumah hanya jika dalam keadaan darurat, terutama untuk daerah atau wilayah yang saat ini cukup banyak kasus pasien positif virus corona. 

Selain itu, riwayat perjalanan ke daerah yang terjangkit, bisa saja membuat orang tersebut telah terinfeksi, namun belum merasakan gejalanya, karena masa inkubasi dari virus corona adalah 14 hari.

Penyebaran virus corona sangat cepat. Berbeda dengan flu yang sama-sama dan menginfeksi orang lain, namun lebih lambat. Apabila memiliki tanda-tanda gejala penyakit seperti yang di atas atau pernah memiliki riwayat perjalanan di daerah terjangkit, segera lakukan langkah pencegahan.

BACA JUGA:

Hal ini bisa dilakukan dengan menghubungi layanan pesan singkat COVID19.GO.ID (+62 811 3339 9000). Selain itu pemerintah juga mengimbau untuk segera menghubungi call center 119 atau call center rumah sakit rujukan terdekat.

Saat menghubungi layanan tersebut, jangan lupa sertakan usia dan jenis kelamin. Lalu sampaikan gejala yang dirasakan serta riwayat perjalanan dalam dua pekan terakhir. Tetap tenang dan tunggu arahan dari rumah sakit. Selain selalu jaga kebersihan, rajin cuci tangan serta gunakan masker saat berada di tempat umum.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations