Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga dikabarkan sedang menimbang untuk merombak jajaran direksi di PT Pertamina (Persero). Selain itu, ia juga dikabarkan sedang mencari pengganti dirut di sejumlah pelat merah yang tengah kosong.
Gambar: tribunnnews

Menurut informasi, Pertamina masuk dalam lima BUMN kakap yang akan diprioritaskan mendapat bos baru. Kelima BUMN tersebut adalah PT Inalum (Persero) atau MIND ID, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero).

Bahkan, untuk Pertamina bisa jadi akan ada perombakan direksi, tak sekadar mencari bos baru. Salah satu pertimbangannya adalah karena pemerintah saat ini ingin mengebut pembangunan kilang. 

Karena selama lima tahun periode pertama Presiden Jokowi, dinilai progres pembangunan kilang tidak begitu signifikan. Hal lain yang dikritisi adalah soal Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang tampak lebih sibuk mendampingi mantan Menteri BUMN Rini Soemarno ke mana-mana saat itu.

BACA JUGA:

Menteri BUMN Erick Thohir sendiri baik langsung maupun tidak langsung juga dikabarkan sudah bertemu sejumlah pihak untuk mendapat masukan. Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin misalnya juga sudah bertemu dengan beberapa pemangku kepentingan dan praktisi migas untuk mencari tahu soal industri ini sekaligus apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan Pertamina.

Seperti yang diketahui, saat ini PT Pertamina (Persero) dipimpin oleh Nicke Widyawati pada Agustus 2018 lalu. Terpilihnya Nicke berdasarkan pengajuan langsung dari Menteri BUMN Rini Soemarno saat itu.

Nicke kemudian disetujui oleh Presiden Jokowi untuk memimpin Pertamina, yang saat itu sudah kosong kursinya selama 4 bulan dan sebenarnya diisi oleh Nicke sebagai pelaksana tugas untuk menggantikan Elia Massa Manik.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations