Oleh : Iin Rohmatin Abidah,S.Pd

Masyarakat Indonesia kembali dihebohkan dengan terbongkarnya kasus prostitusi anak yang melibatkan salah satu artis Indonesia.

Pihak yang berwajib melakukan penggerebekan di hotel bintang dua milik sang artis yang berinisial CA yang diduga sebagai lokasi prostitusionline. Ternyata puluhan anak remaja telah menjadi korbannya. Di tempat tersebut, Polisi mengamankan Sekitar 15 anak di bawah umur yang rata-rata usianya sekitar 14 sampai 16 tahun. Padahal di usia-usia tersebut seharusnya mereka masih ada di bangku sekolahan.

/ Remaja Dengan Gaya Hidupnya /

Kasus prostitusi sebenarnya bukan hal yang baru di negara kita. Akan tetapi jika melihat perkembangannya justru pelaku prostitusi ini semakin banyak dilakukan dari kalangan remaja. Faktor financial atau persoalan keuangan menjadi alasan utama mereka melakukan hal tersebut dalam rangka mengikuti gaya hidup yang kebarat-baratan. Sehingga untuk memenuhi itu mereka melakukan berbagai macam cara termasuk masuk dalam jaringan prostitusi online.

Sebagian dari mereka melakukan hal tersebut karena terpengaruh oleh teman mereka. Sementara pergaulan anak remaja saat ini sudah sangat liberal sekali. Pada akhirnya kebebasan dalam bergaul pun menjadi salah satu penyebab adanya prostitusi online yang ada.

/ Rusaknya Moral Bangsa / 

Kasus prostitusi online yang kembali muncul dipermukaan menjadi salah satu pertanda rusaknya moral bangsa ini. Apalagi dalam kasus tersebut pelakunya adalah para remaja yang pada dasarnya mereka adalah generasi penerus bangsa.

Maju mundurnya suatu bangsa tergantung pada generasi penerusnya, termasuk dalam hal ini adalah remajanya.

Jika para remajanya saat ini sudah menunjukkan moral yang buruk akibat pola pendidikan dan lingkungannya, maka bisa dipastikan moral dan SDM bangsa ini juga semakin rendah.

Meskipun pada dasarnya masyarakat merespon kasus tersebut dengan kemarahan dan penolakan. Akan tetapi tindakan masyarakat tersebut tidak bisa menghentikan ataupun membersihkan negeri ini dari praktek kemaksiatan ini.

/ Negara Bertanggungjawab atas Segala Bentuk Kerusakan Masyarakat /

Kasus prostitusi online yang terjadi di masyarakat tidak bisa hanya diselesaikan dengan menghukum para pelakunya saja. Akan tetapi pemerintah juga harus membenahi pola pendidikan dan pola kegiatan sosial yg adadi masyarakat.

Negara bertanggungjawab penuh atas penghapusan segala bentuk kekerasan yang ada di masyarakat. Baik kekerasan fisik ataupun kekerasan psikis.

Islam sudah mengatur hubungan antara manusia dengan dirinya sendiri ataupun manusia dengan manusia yang lain. Begitu pula dalam hal carabergaul dan berinteraksi baik yang sejenis ataupun yang berlainan jenis. Dalam pendidikan islam pun juga jelaskan secara gamblang bagaimana membentuk manusia yang berpola pikir islami dan berprilaku islami.

Negara harus menerapkan sistem islam secara total dalam kehidupan. Jika ingin menyelesaikan segala bentuk persoalan yang ada dimasyarakat saat ini.

Wallahu a'lam bish showaf.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations