Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan dengan tegas bahwa ia menolak lockdown Jakarta.
Foto: Independensl.com

Dia beralasan jika Indonesia tak mengenal istilah lockdown, adapun yang diberlakukan di Indonesia adalah karantina wilayah. "Kita tak kenal lockdown, tapi karantina wilayah di UU ini ya," kata Luhut dalam sebuah video conference di Jakarta, pada Selasa (31/03/2020).

Menurutnya, kebijakan tersebut diambil karena tidak semua negara berhasil melakukan lockdown untuk menekan penyebaran virus corona. Ia memberikan contoh negara yang tidak melakukan lockdown seperti halnya Italia, Korea Selatan dan Jerman. 

Karena menurutnya setiap negara memiliki model penanganan corona yang berbeda dan cocok dengan negaranya. Adapun negara yang berhasil melakukan lockdown menurut Luhut hanya Cina saja.

Setelah pernyataannya tersebut, jagat dunia maya diramaikan dengan kemunculan tagar #LuhutIsTheRealPresident. Kemunculan tagar tersebut merupakan buntut kekecewaan atas sikap Luhut yang menolak untuk Jakarta di-lockdown.

BACA JUGA:

Hingga kini, tagar tersebut menduduki posisi teratas sebagai topik terpanas di Twitter. Setidaknya ada lebih dari 6 ribu cuitan menggunakan tagar tersebut memenuhi linimasa. Luhut disebut banyak warganet sebagai presiden Indonesia sesungguhnya, bukan Jokowi. Pasalnya, Luhut telah mengumumkan menolak memberlakukan lockdown di ibu kota negara, bukan Jokowi.

Tak hanya itu, Luhut yang kini juga menjabat sebagai Plt Menteri Perhubungan meminta agar warga tidak mudik ke kampung halaman. Namun, di lain sisi ia membatalkan aturan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang melarang pengoperasian bus AKAP dari Jakarta yang dipakai sejumlah pemudik.

Sikap Luhut tersebut membuat publik merasa heran. Berbagai protes tajam ditujukan kepada Luhut. Tak sedikit pula warganet yang menyindir Luhut sebagai presiden sesungguhnya. Sebab, Luhut dinilai lebih berkuasa dan memiliki kekuatan dibandingkan Jokowi yang menjadi presiden sesungguhnya.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations