Oleh: Rika Ayudia

Aksi copet di kawasan Stasiun Bogor sudah lama membuat resah. Pasalnya, tak sedikit mereka yang menjadi korban kejahatan tersebut.

Polresta Bogor Kota pun akhirnya turun tangan. Salah satu copet yang sering beraksi di kawasan Stasiun Bogor akhirnya tertangkap setelah viral di media sosial. Penangkapan copet ini tidak terlepas dari dorongan netizen yang sudah sangat resah dengan aksi copet di Stasiun Bogor.

“Berawal dari netizen. Kita langsung bergerak dan berhasil menangkap salah satu pelaku copet yang sering beraksi di kawasan Stasiun Bogor,” ujar Kapolres Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kepada radarbogor.id Kamis (14/1/2021). 

https://www.radarbogor.id/2021/01/14/copet-di-stasiun-bogor-ketangkap-kapolresta-berawal-dari-netizen/

Dari peristiwa ini, kita dapat mengetahui fakta bahwa keberadaan copet tersebut sudah lama meresahkan para penumpang kereta api. Namun sangat disayangkan karena polisi baru bergerak setelah mendapat laporan dari warga.

Sebagai petugas keamanan negeri, seharusnya hal ini dapat ditindak lebih cepat sehingga tidak menimbulkan keresahan pada masyarakat. Sebab polisi memiliki peran aktif dalam menjamin keamanan masyarakat.

Seyogyanya polisi berpatroli untuk memastikan keamanan bagi seluruh masyarakat, bukan baru bergerak ketika mendapatkan laporan saja. Karena keamanan merupakan hak masyarakat. 

Hal ini membuktikan bahwa sistem keamanan negara saat ini begitu lemah sehingga masyarakat seringkali merasa resah dengan berbagai tindak kejahatan yang ada di negeri ini. Padahal seharusnya negara dapat menjamin keamanan masyarakatnya. Begitulah penerapan dari sistem sekularisme yang rusak.

Berbeda halnya dengan sistem keamanan yang ada pada Islam. Yang mana petugas keamanan negara akan senantiasa berpatroli untuk menjamin keamanan masyarakat. Sehingga tidak ada celah bagi para pelaku kriminal untuk melakukan aksinya.

Tentunya kondisi ideal ini tidak dapat kita harapkan dari sistem kufur yang menguasai dunia saat ini, yaitu kapitalisme dan sekulerisme. Sebab sistem keamanan negeri yang ideal hanya ada dalam sistem Khilafah yang menerapkan aturan Islam secara menyeluruh.

Wallahu'alam bishawwab.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations