Oleh: Indah P.S

Disituasi pandemi covid 19 ini kaum muslim kembali merasakan hari raya yang berbeda dari tahun–tahun sebelumnya. Ditambah krisis yang dihasilkan dari wabah pandemic ini diberbagai sektor.

Baik disektor kesehatan, ekonomi, pendidikan dan lain-lain. Walaupun sudah diberlakukan new normal tetapi belum mampu mengurangi dampak buruk dan menjadi solusi untuk penyelesaian wabah ini.

Namun momentum hari raya ‘Idul Adha memiliki kesan tersendiri untuk umat Islam, yakni akan sebuah contoh keteladaan yang luar biasa. Keteladanan dalam ketaatan, perjuangan, dan pengorbanan demi mewujudkan ketaatan pada aturan Allah SWT secara kaaffah (menyeluruh). Sekiranya dari peristiwa ini umat Islam bisa mengikuti keteladanan Nabi Ibrahim as. dan Nabi Ismail as. dalam mengedepankan kecintaan dan ketaatan yang tinggi hanya kepada Allah SWT.

Ketaatan pada aturan Allah SWT secara kaffah merupakan konsekuensi keimanan. Saat seorang mukmin menjadikan aturan Allah sebagai standar perbuatannya dalam kehidupan. Maka dalam setiap permasalahan kehidupan setiap mukmin, pasti Islam memiliki solusinya. 

Allah SWT berfirman “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh setan itu adalah musuh nyata kalian“ (TQS. Al-Baqarah [ 2 ] : 208 ).

Karena ketaatan pada aturan Allah mampu mengubah segalanya, baik permasalahan individu, masyarakat maupun negara. Allah SWT berfirman “DanKami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.” (TQS. Al Anbiya’ [ 21 ] : 107). 

Dalam ketaatan yang sempurna tentu seorang muslim tidak boeh bersikap cuek dengan kondisi masyarakat  yang ada. Atau hanya ingin meraih keuntungan pribadi maupun golongannya saja atas musibah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Tapi bagaimana seorang muslim mampu bertindak dan bersikap dalam setiap penyelesaian permasalahan kehidupannya semata-mata hanya ingin meraihridho Allah SWT. Juga kebutuhan untuk mendapatkan solusi atas krisis akibat pandemi semestinya menguatkan kesadaran seluruh komponen umat untuk taat sempurna pada seluruh aturan Sang Pengatur Allah SWT dan menguatkan tekad untuk berkorban seluruh daya upaya untuk menegakkan aturan Allah dalam kehidupan.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations