Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (07/10/2019) kemarin.
Foto: wawkeren

Jokowi dan Rutte tampak kompak mengenakan pakaian batik. Kepala Negara RI itu mengenakan kemeja batik lengan panjang warna biru dongker, sementara Rutte memakai batik warna coklat lengan panjang. Keduanya langsung bersalaman saat bertemu. Jokowi terlebih dahulu menunggu kedatangan Rutte di beranda Istana Bogor.

Jokowi kemudian mengajak Rutte untuk menyalami para menteri di Kabinet Kerja di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, hingga Kepala BNPT Suhardi Alius. Rutte tampak akrab dengan Menlu Retno Marsudi, bahkan sampai 3 kali mencium pipi.

BACA JUGA:

Setelah itu, Jokowi mengajak Rutte masuk ke dalam Istana Bogor guna menandatangani buku tamu serta foto bersama. Selanjutnya, Jokowi membawa Rutte ke halaman belakang Istana Bogor.

Kemudian, Presiden RI Jokowi dan PM Belanda Mark Rutte menanam pohon damar di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (07/10/2019).

Jokowi dan Rutte lantas menanam bersama pohon damar. Penanaman pohon ini memang kerap dilakukan Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan. Mereka berdua bergantian menempatkan tanah dalam lubang yang telah diisi pohon damar itu dan menyiramnya.

Setelah itu, Jokowi dan Rutte kemudian melakukan veranda talk. Seperti yang telah diketahui, keduanya akan melakukan pertemuan bilateral.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations