Oleh: Chusnatul Jannah, S.Pd., Lingkar Studi Perempuan dan Peradaban
Papua memanas lagi. Pada Senin pagi, 19/8/2019 rusuh manokwari mengancam keutuhan NKRI.
Kerusuhan di Papua yang dipicu aksi rasis di Surabaya. Foto: katadata.id

Kerusuhan ini sebagai bentuk protes atas dugaan persekusi dan rasisme yang dialami mahasiswa Papua di sebagian kota besar seperti Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Aksi protes ini dipicu karena tindakan persekusi yang dilakukan warga dan oknum aparat terhadap tindakan oknum mahasiswa Papua yang membuang bendera merah putih di selokan. 

Polisi mengangkut paksa 43 mahasiswa Papua ke Mapolrestabes Surabaya pada Sabtu (17/8/2019) sore. Tindakan tersebut dilakukan setelah polisi menembakkan gas air mata dan menjebol pintu pagar Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya. Alasan mengangkut paksa mahasiswa Papua adalah karena untuk kepentingan pemeriksaan dalam kasus perusakan dan pembuangan Bendera Merah Putih ke selokan. Hal tersebut diungkapkan Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Leonardus Simarmata. Perusakan dan pembuangan Bendera Merah Putih yang dimaksud, diduga dilakukan oknum Mahasiswa Papua. (Tribunnews.com, 19/8/2019).

Polri pun memberi klarifikasi. Berita-berita hoaks berkembang di media sosial ikut memicu kerusuhan di Manokwari. Polri tetap akan melakukan penyelidikan terhadap dugaan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua. Jika benar persekusi dan rasis itu terjadi, keutuhan NKRI tengah diuji. 

Papua memang rawan konflik. Ancaman disintegrasi memang kerap menghantui wilayah ini. Gerakan separatis juga menambah keruwetan di Papua. Sedikit saja tersulut, api kerusuhan cepat membara. Jika tak segera diredam, maka berpotensi mengancam keutuhan NKRI. Membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa yang baru saja merayakan kemerdekaannya. Semoga pihak berwenang segera mengusut para provokator di insiden di Surabaya dan Manokwari. Inilah ancaman NKRI sebenarnya.

Ancaman terhadap NKRI adalah separatisme OPM. Ancaman nyata NKRI adalah disintegrasi bangsa. Ancaman NKRI adalah isu SARA yang sengaja dimainkan untuk memecah belah bangsa. Ancaman NKRI adalah persekusi dan perlakuan hukum yang tak berkeadilan. Ancaman sesungguhnya bagi NKRI adalah saat negeri ini tak sadar sedang dijajah sistem kapitalis liberal.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations