Oleh: Resti Wardani
Ibu rumah tangga & Aktivis Muslimah

Musim penghujan telah tiba hampir di seluruh penjuru wilayah negeri ini setiap harinya. Curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan banjir yang menggenangi diberbagai wilayah negeri.

Salah satunya wilayah yang tergenang banjir adalah Kalimantan Barat. Selain curah hujan yang tinggi sehingga wilayah ini tegenang banjir. Disinyalir juga adanya kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta maraknya konversi tutup lahan. 

Perubahan atau konversi lahan, menyebabkan jenis tutupan lahan berubah, hal ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan daerah aliran sungai (DAS), sehingga hidrografi aliran pada DAS tersebut berubah menjadi tidak baik," kata Ahli Teknik Sumber Daya Air Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Prof. Dr. Henny Herawati di Pontianak, ( Merdeka.com 7/11/2021).

Selain Kalimantan Barat. Garut. Juga menjadi salah satu wilayah yang tergenang banjir saat curah hujan tinggi datang. Di wilayah Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, salah satu pemicunya adalah  kerusakan kawasan hutan. Dengan kondisi tersebut, menurutnya perlu dilakukan reboisasi.

Ada penggundulan lahan di kawasan hutan. Sehingga daya tampung air tidak ada. Perlu dilakukan reboisasi penataan lingkungan bukan hanya dibagian hulu saja. Dan menumbuhkan kembali penghijauan dengan menanam pohon, ( merdeka.com 8/11/2021).

Perubahan atau konversi lahan, menyebabkan jenis tutupan lahan berubah, hal ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusaman daerah aliran sungai (DAS). Sehingga hidrografi aliran pada DAS tersebut berubah menjadi tidak baik.

Ini adalah salah satu pemicu banjir selain kerusakan Kawasan hutan. Beberapa daerah yang mengalami banjir bahkan hingga banjir bandang terjadi di dataran tinggi, dimana sebelumnya tidak terpikir akan terjadi banjir bandang. Hal ini diakibatkan adanya pengalihan fungsi daerah resapan air yang sebagian besar kini menjadi kawasan wisata. Alih fungsi lahan berubah. Daya resap air berubah menjadi hamparan-hamparan beton dan bangunan. 

Bencana khususnya banjir yang terjadi disebagian wilayah di Indonesia jelas telah membawa dampak kerugian. Bukan hanya itu korban jiwa dan kesengsaraan ratusan ribu manusia disebabkan banjir adalah akibat pembangunan kapitalistik yang terjadi.

Sistem kapitalisme yang dianut negeri kita saat ini memungkinkan terjadinya pengrusakan alam secara brutal. Mereka hanya memikirkan bagaimana cara untuk memperkaya diri sendiri, walaupun harus dengan cara merusak alam bahkan menghancurkan kehidupan manusia lain.

Berbeda dengan sitem Islam mampu memberi solusi bagi segala permasalahan yang ada hari ini. Jika islam diterapkan menjadi sebuah sistem dalam negara, pemerintah dalam Islam memiliki aturan yang berpegang teguh pada al quran dan sunnah.

 Tak terkceuali juga untuk menjaga ekosistem dan kelestarian alam Islam akan mengatur daerah hutan dan aliran-aliran sungai yang tak luput dari penjagaan. Hal ini karena keberadaannya daerah tersebut masuk kedalam daerah yang kepemilikannya dimiliki oleh umum dan tidak akan mungkin diserahkan pada pihak swasta yang sudah pasti akan memaksimalkan manfaatnya demi menghasilkan banyak uang.

Selain itu kepemimpinan dalam islam menjaga jiwa serta keselamatan rakyatnya. Kebijakan komprehensif yang diambil pun terhimpun dalam manajemen bencana. Pemerintah akan membangun fasilitas pra bencana seperti bendungan, kanal dan lain sebagainya. Pemerintah juga akan melakukan penanaman hutan kembali atau reboisasi dan pemeliharaan daerah aliran sungai. Juga memelihara kebersihan lingkungan dan hal lain yang dapat mendukung kelestarian alam.

 Pada daerah yang memiliki kapasitas minim dalam hal penyerapan air, maka akan dibangun bendungan bendungan guna mencegah terjadinya banjir dan juga bencana alam lainnya. 

Semua hal ini akan dilakukan seorang khilafah dalam upaya memenuhi kewajibannya sebagai seorang pemimpin untuk melakukan ri’ayah (pelayanan) terhadap urusan rakyat. Karena tugas utama seorang pemimpin adalah menjaga agar seluruh kebutuhan rakyatnya terpenuhi dengan baik dan terjaminnya keselamatan setiap umat dengan tetap menjaga kelestarian alam.

Karena Allah menurunkan Islam sebagai rahmatan lil alamin, rahmat bagi seluruh alam semesta, bukan hanya untuk manusia. Ketika Islam diterapkan, bencana alam yang disebabkan oleh ulah manusia seperti banjir dan lainnya tidak akan mungkin terjadi, dan ketika tata kelola negara ini dijalankan dengan syariat islam maka umat pun akan mendapatkan kemuliaan dan kesejahteraan.

Wawallahu'alambisawab

YOUR REACTION?

Facebook Conversations