Oleh: Solikhin Abu Izzuddin
Aki mobil yang lama nggak dipanasin akhirnya sel sel dalam aki menjadi aus, rusak dan mati. Akhirnya aki pun mati tek seg. Mager. Harus didorong itu pun kalau masih bisa.

Air yang nggak pernah dialirkan akhirnya jadi mampet dan bau sehingga menimbulkan banyak sarang nyamuk serta penyebaran penyakit demam berdarah dan yang lainnya.

Dompet yang nggak pernah dibuka dan disalurkan isinya akhirnya duit jadi lecek dan rusak nggak berguna. Rugi. Nggak bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. 

Lemari pakaian nggak pernah dibuka, nggak diambil bajunya untuk dipakai atau disumbangkan untuk orang lain lama lama juga juga rusak tak berguna. Orang lain pun ogah.

Hati juga begitu. Kalau tidak dibersihkan, tidak dibuka, tidak dilembutkan, tidak disegarkan, tidak dididik, tidak dikelola dengan baik, muncullah sifat sifat buruk dan tercela.

Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal daging, jika daging itu baik maka baik pula seluruh tubuh. Jika daging itu rusak maka rusak pula seluruh tubuh. Ketahuilah dia adalah hati. (Muttafaqun alaih)

Ramadan kita gunakan untuk mendidik hati, #backtotarbiyah 

Saya yakin kekuatan ilmu

Saya yakin kekuatan pengetahuan

Namun saya jauh lebih yakin dengan kekuatan tarbiyah.. Sudah baca?

Cari di @proumedia @katalog.lapakbukujogja @omahbukukaranganyar @bukalapak @shopee_id @iqrokids.bookstore @surga.buku @tokobukuafra @galeri.bukuislami @tokobukuwonderful 

Semoga masih ada waktu untuk kita mendidik hati di bulan suci Ramadan ini.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations