Oleh: Dira Khairunna Latifa M
Siswa Kelas 2 SDIT Al-Madaniyah

Hari ini Dira memulai pagi dengan semangat. Seperti biasa Ayah membangunkan untuk Salat Shubuh. Dira tidak merasa berat, karena sudah dibiasakan dari dulu.

Alhamdulillah, Dira senang sekali bisa belajar bersama teman-teman dan ustadzah, karena lama gak belajar bersama mereka. Segera Dira menyiapkan buku pelajaran untuk dimasukkan dalam tas yang berwarna pink.

Sarapan pagi hari ini, dengan ikan lais goreng nan gurih, rasanya enak. "Jangan lupa sarapan ya teman agar kita mudah berfikir saat belajar", begitu pesan bunda. Tapi terkadang Dira tidak sempat sarapan, karena bunda tidak sempat menyiapkannya. Tapi Dira diberi uang saku lebih agar bisa beli sarapan di luar.

Setelah itu, Dira menuggu ayah dan bunda bersiap untuk berangkat ke mushollah. Karena belajarnya diadakan di mushollah. Alhamdulillah sudah sampai. Tapi belum ada ustadzah, jadi Dira nunggu ustadzah. Setelah beberapa menit ustadzah akhirnya datang "yeeey asyikk belajar", kata Dira dalam hati.

Selesai belajar, Dira pun mau pulang. Sebelum ayah jemput Dira, eh ternyata ada teman juga yang sudah selesai ngerjain tugas dari ustadzah, akhirnya kami bareng istirahat di luar musholla, sambil sama-sama menunggu jemputan, sambil ngobrol asik dengannya.

Setelah agak lama, jadi teringat bahwa Dira bawa bekal, kemudian Dira mau berbagi dengan teman bekal yang bunda bawakan. Dira punya kuejadi bisa dibagi, teman Dira juga berbagi kue donat, tapi Dira minta maaf tidak bisa menerimanya, karena kalau misalnya teman memberi Dira kue donat bekas gigitan teman, Dira akan ingatin dengan cara yang sopan "maaf ya, Dira tidak bisa menerima donatnya, karena kata bunda tidak diperbolehkan menerima makanan yang sudah digigit dulu" begitu, tapi teman Dira tidak marah. kalo kita bicaranya dengan sopan.

Oh ya teman, tau tidak kenapa sih kita tidak boleh menerima makanan bekas gigitan teman atau orang lain? Kata dokter itu tidak boleh,karena bekas gigitan teman itu, kita tidak tau kalo teman kita misalnya sakit atau ada penyakit, nanti kita bisa tertular penyakit yang ada di tubuhnya. Jadi Dira mau kasih nasehat, kalau kalian menerima makanan jangan sampai ada yang bekas gigitan teman ya, kecuali keluarga inti tidak apa-apa karna kita tau keluarga kita punya penyakit, sedang sakit atau tidak.

Naaah,sudah berbuat baik apa hari ini? Kalau Dira senang sudah berbagi kue dengan teman, kalau kamu gimana? Kita harus membiasakan diri berbuat baik ya teman. Kalau bisa setiap hari, walaupun hanya satu kali. Karena Allah akan memberikan kita kemudahan dan akan menyelamatkan kita nanti, jadi bisa masuk Syurga. Jangan lupa ya berbuat baik itu menyenangkan, dan semakin banyak teman.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations