Arab Saudi memutuskan menunda pelaksanaan salat berjamaah di seluruh masjid di Kerajaan Arab Saudi, kecuali di dua masjid suci yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
Foto: merdeka.com

Pengumuman itu disampaikan otoritas Arab Saudi pada Selasa (17/03/2020), yang sekaligus mendorong umat Muslim yang berada di Arab Saudi agar salat di rumah ketimbang di masjid-masjid demi menghindari penyebaran virus corona (COVID-19).

Imbauan agar tidak menggelar salat berjamaah di masjid-masjid, juga termasuk pada pelaksanaan salat Jumat. Hanya Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang masih boleh melaksanakan salat berjamaah. “Pintu-pintu masjid akan ditutup sementara, namun pengurus masjid masih boleh mengumandangkan azan,” tulis Kerjaan Arab Saudi, seperti dilansir dari arabnews.com pada Kamis (19/03/2020).

BACA JUGA:

Dalam imbauannya, Kerjaan Arab Saudi juga meminta agar salah satu bacaan dalam azan ‘mari kita salat (di masjid)’, tidak diganti menjadi ‘salat di rumah’. Frasa baru dalam azan juga bisa diterjemahkan sebagai ‘salatlah di mana pun kamu berada.   

Pernyataan Kerajaan Arab Saudi menekankan doa yang biasa dipanjatkan pada salat Jumat, bisa diucapkan saat mereka salat di rumah (salat Jumat). Jumlah pasien yang terjangkit virus corona di Arab Saudi, naik. Situs english.alarabiya.net mewartakan, ada 15 tambahan kasus baru sehingga total pasien COVID-19 di Arab Sauid 133 kasus per Selasa (17/03/2020) lalu.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations