Sebuah pesawat tempur Israel menyerang posisi Hamas di wilayah Jalur Gaza pada Jumat (29/11/2019) waktu setempat. Serangan ini dilancarkan setelah sebuah roket diduga ditembakkan dari Gaza ke wilayah Israel.
Gambar: liputanIslam

Seperti dilansir AFP, Sabtu (30/11/2019), serangan roket dari Gaza itu merupakan yang ketiga kalinya dalam beberapa hari terakhir dan sekitar dua pekan setelah berakhirnya aksi saling serang antara Israel dan militan Jihad Islam di Gaza.

"Malam hari, sebuah roket diluncurkan dari Jalur Gaza menuju Israel. Sebagai respons... sebuah pesawat IDF (militer Israel-red) menargetkan sebuah pos militer Hamas di Jalur Gaza sebelah utara," demikian pernyataan militer Israel.

Pada 12 November lalu, Israel menewaskan seorang komandan senior militan Jihad Islam di Jalur Gaza. Hal itu memicu aksi saling serang antara Israel dan Jihad Islam selama dua hari yang menewaskan 36 warga Palestina. Sedangkan tidak ada korban tewas dari pihak Israel. Konflik diakhiri dengan gencatan senjata.

BACA JUGA:

Namun sebelumnya, Jihad Islam sempat menembakkan sekitar 450 roket ke wilayah Israel. Sebagian besar roket dari Jihad Islam itu diklaim berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Israel yang bernama Iron Dome.

Terkait serangan roket terbaru dari Jalur Gaza, tidak diketahui pasti siapa yang menembakkannya. Namun selama ini, Israel selalu menganggap Hamas yang menguasai Jalur Gaza sejak tahun 2007, bertanggung jawab atas setiap roket yang ditembakkan dari Gaza.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations