Di alam semesta ini, posisi Bumi memang berada di Galaksi Bimasakti. Sebenarnya adakah planet lain yang mirip dengan Bumi di galaksi kita ini?
Ilustrasi Bumi. Foto: Pixabay

Belakangan ini, para peneliti memprediksi terdapat kurang lebih 5 hingga 10 miliar planet yang mirip dengan Bumi di Galaksi Bimasakti.

Para peneliti dari Penn State University ini menggunakan data dari teleskop Kepler milik NASA untuk memperkirakan jumlah planet tersebut.

Selain menggunakan data dari Kepler, para peneliti membuat simulasi komputer dari semesta hipotetis bintang dan planet berdasarkan kombinasi data Kepler dan data dari pesawat ruang angkasa Gaia milik Badan Antariksa Eropa. 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam The Astronomical Journal menunjukkan, sebuah planet yang menyerupai Bumi mengorbit satu dari setiap empat bintang yang mirip Matahari.

"Ada ketidakpastian signifikan dalam kisaran bintang yang diberi label 'Seperti Matahari', berapa jarak orbit yang dianggap sebagai 'zona layak huni', dan berapa ukuran planet yang dianggap 'mirip Bumi'," jelas Eric Ford, seorang profesor astrofisika dan penulis pendamping dalam penelitian ini.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations