Gugusan tatasurya atau galaksi tempat planet kita berada, yaitu Galaksi Bimasakti, memiliki tetangga terdekat yaitu Galaksi Andromeda. Kini para astronom memprediksi kedua galaksi tersebut akan berbenturan dalam tempo 4,5 miliar tahun.
Foto: youtube

Baru-baru ini, para astronom menemukan "kebiasaan memakan" galaksi Andromeda, yang menelan semua benda angkasa yang dilintasinya. Mengingat jaraknya yang relatif dekat dengan galaksi kita (Bimasakti), diprediksi akan terjadi benturan dengan Andromeda.

Namun, hal ini belum dapat diketahui galaksi mana yang akan menang, tapi benturan ini dipastikan menghasilkan galaksi yang lebih besar. Perkiraan ini didasarkan atas penemuan terbaru mengenai "kebiasaan" Galaksi Andromeda, yaitu "menelan" semua benda-benda ruang angkasa yang berada pada lintasannya.

Kebiasaan Andromeda ini diketahui telah terjadi pada 10 miliar tahun lalu ketika galaksi tersebut masih dalam proses pembentukannya dan "menelan" begitu banyak benda ruang angkasa di sekitarnya.

BACA JUGA:

Kemudian, kebiasan tersebut diperkirakan terjadi lagi pada sekitar 4 miliar tahun yang lalu dalam skala yang lebih kecil. Temuan ini merupakan hasil penelitian astronom Dr. Douglas Mackey dari Research School of Astronomy and Astrophysics di Australian National University.

"Yang kita ketahui tentang Andromeda yaitu ukurannya kira-kira sama dengan Bimasakti, baik dalam hal jarak maupun massa," katanya kepada ABC News. "Bimasakti memiliki sistem spiral, dan Andromeda juga memiliki sistem yang sangat mirip," tambahnya.

Hasil penelitian Dr. Mackey yang diterbitkan dalam jurnal Nature pekan ini, yaitu mengenai penemuannya yang menemukan bukti-bukti bagaimana Andromeda "memakan" benda-benda langit.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations