Awal tahun 2020 dunia dirundung duka wabah corona menyebar diseluruh dunia diawali dengan kota Wuhan china sehingga menjalar ke seluruh negara termasuk Indonesia.

Oleh: Ummu Rahman

Awal tahun 2020 dunia dirundung duka wabah corona menyebar diseluruh dunia diawali dengan kota Wuhan china sehingga menjalar ke seluruh negara termasuk Indonesia.

Wabah corona telah mengubah gaya hidup dan perilaku manusia dan menghentikan berbagai sektor usaha, sektor ekonomi mendadak sepi karena dihantui virus ini.

Awal tahun januari sudah diketahui seluruh negara bersiap siap, namun kita semua seolah tidak percaya dan abai akhirnya kita semua gelagapan tidak siap menghadapi ledakan virus corona, dari rata - rata 200 kasus /hari menjadi 600 bahkan mendekati angka 1000, padahal beberapa hari sebelumnya kebijakan diambil dengan New Normal.

Dimuat pada laman kompas.com, “Kementerian perekonomian mengeluarkan skenario “hidup normal” atau “new normal” dengan timeline pemulihan ekonomi nasional usai pandemi Covid-19. Skenario ini dibuat mulai awal Juni mendatang. Dalam timeline tersebut dirumuskan lima fase atau tahapan yang dimulai tanggal 1, 8, 15 Juni, dan 6, 20, 27 Juli 2020. Adapun fase itu akan diikuti dengan kegiatan membuka berbagai sektor industri, jasa bisnis, toko, pasar, mal, sektor kebudayaan, sektor pendidikan, aktivitas sehari-hari di luar rumah[13].”

Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Farid Naparin saat konferensi pers usai acara rapat bersama forkopimda terkait penanganan COVID-19. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah siap melaksanakan "new normal" pasca berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berakhir pada Minggu (24/5) lalu.

"Kita akan segera memberlakukan 'new model' secara pelan-pelan. Dalam dua hari ini akan kita menyusun prosedur-prosedur yang akan dijalankan," kata Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin di Palangka Raya, Selasa.

Penerapan 'new model' itu salah satunya dilakukan dalam rangka memperkuat ekonomi lokal juga untuk mendukung pelaksanaan Pembatasan Skala Kelurahan Humanis (PSKH) di Kota Palangka Raya pasca berakhirnya PSBB.

Implementasi "new normal" itu diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations