Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengklaim bahwa bintang Hollywood Leonardo DiCaprio telah membiayai kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon, tanpa menghadirkan bukti apa pun.
Foto: Hollywoodreporter

Bolsonaro tampaknya mengomentari unggahan media sosial yang mengklaim bahwa organisasi lingkungan World Wildlife Fund (WWF) membayar gambar yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela. 

Hal itu kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan US$500.000 dari DiCaprio. Sementara itu, pihak WWF membantah telah menerima sumbangan dari DiCaprio atau mendapatkan foto dari petugas pemadam kebakaran.

“Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon, ”kata Bolsonaro pada hari Jumat dalam sambutan singkat di depan kediaman presiden, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (30/11/2019).

BACA JUGA:

Selain itu, DiCaprio juga membantah telah menyumbang ke WWF. Dalam sebuah pernyataan, aktor tersebut memuji orang-orang Brazil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka. Namun, dia mengatakan bahwa meskipun layak mendapat dukungan, dirinya tidak mendanai organisasi yang ditargetkan.

DiCaprio telah menjadi advokat atas nama memerangi perubahan iklim. Dia sering berbicara tentang masalah lingkungan termasuk kebakaran hutan Amazon. Yayasan Leonardo DiCaprio miliknya pun berfokus pada proyek-proyek yang melindungi satwa liar dan rentan dari kepunahan. 

Adapun, empat anggota organisasi non-pemerintah Alter do Chão Fire Brigade ditangkap pada hari Selasa dengan tuduhan sengaja membakar, mendokumentasikan dan menghidupkan lebih banyak sumbangan.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations