Fakta bahwa Kaesang Pangarep merupakan putra Presiden RI, Joko Widodo, ternyata tak banyak diketahui di Singapore University of Social Sciences (SUSS). Hal itu baru terungkap ketika Kaesang wisuda.

The Straits Times, Rabu (9/10/2019) melansir, mahasiswa SUSS tak terlalu memperhatikan keberadaan 'pria pendiam' di kelas mereka selama 4 tahun. Oleh sebab itu, jadi mengejutkan ketika muncul kabar bahwa dia adalah putra Presiden Indonesia.

Kabar itu pun cepat menyebar di kalangan kampus. Hasilnya, semua mata tertuju pada Kaesang ketika identitasnya sebagai putra bungsu Jokowi disebutkan saat upacara wisuda di SUSS.

Presiden Jokowi dan sang istri, Iriana, menghadiri wisuda Kaesang tersebut. Dia berada di Singapura sejak hari sebelumnya untuk lebih dahulu bertemu PM Lee Hsien Loong.

Kaesang mendapat gelar sarjana di bidang marketing dengan minor di bidang komunikasi. Pacar Kaesang, Felicia, juga hadir di acara wisuda itu.

BACA JUGA:

Sebelum kuliah di SUSS, Kaesang juga bersekolah di Singapura yaitu di Anglo-Chinese School (International). Sang kakak, Gibran Rakabuming, juga lulus kuliah dari Singapura yaitu Management Development Institute of Singapore pada 2007.

Diwawancara usai wisuda, Kaesang mengatakan kuliah di Singapura sambil menjalankan bisnis adalah hal yang cukup menantang. Ketika ditanya apa yang bisa dipelajari siswa Indonesia dari sekolah di Singapura, dia menjawab soal kedisiplinan.

"Cara hidup di Singapura, semuanya adalah tentang disiplin. Itulah yang membentuk saya sekarang," ucap Kaesang.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations