Facebook dan Instagram kembali dilaporkan mengalami gangguan pada Kamis (28/11) malam. Sejumlah pengguna mengeluh kedua aplikasi tersebut down dan tidak bisa diakses.

Para pengguna dari berbagai belahan dunia mulai merasakan Instagram down sejak pukul 21.30 WIB. Ketika membuka aplikasi berbagi foto dan video itu, pengguna hanya mendapati tulisan eror tidak bisa cek lini masa hingga melihat tampilan lini masa.

Media sosial Twitter menjadi sarana untuk mencurahkan keluhan mereka soal layanan Instagram tumbang ini. Tak kicauan keluhan disertakan dengan #instagramdown, tagar yang kini jadi trending topik nomor satu Twitter Indonesia dengan lebih dari 27 ribu tweet.

Di samping Instagram, sejumlah pengguna juga mengaku tidak bisa mengakses Facebook. Namun, laporan gangguan aplikasi itu tidak sebanyak Instagram.

Menurut pantauan kumparan di situs web DownDetector, tercatat Instagram down mencapai 21682 laporan pada pukul 10.01 WIB. Sementara gangguan Facebook down mencapai 9.114 laporan pada pukul 10.13 WIB.

Kemudian pantauan peta di website tersebut, gangguan Instagram down ini cukup banyak dirasakan oleh pengguna yang tinggal di sejumlah negara Eropa, beberapa negara bagian di AS, termasuk Indonesia. Sementara laporan Facebook down rata-rata berasal dari AS.

Pihak Facebook sendiri sudah mengakui bahwa sejumlah layanannya, termasuk Instagram, sedang mengalami gangguan. Perusahaan juga berjanji akan segera memperbaikinya secepat mungkin.

"Kami menyadari bahwa sebagian pengguna mengalami kesulitan untuk mengakses Instagram. Saat ini, kami tengah berupaya untuk mengembalikan layanan kami kembali normal secepat mungkin," ujar representatif perusahaan Facebook yang diterima kumparan dalam pesan singkat, Kamis (28/11).

Konfirmasi ini ironisnya juga disampaikan perusahaan lewat akun Instagram di Twitter. Masalah server down ini menambah catatan tumbangnya Instagram dan Facebook di tahun 2019.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations