Mujrimin liberal-kapitalis Amerika dan Komunis-sosialis Cina, sedang terus berupaya menguasai ummat Islam, menghancurkan dan jika mereka mampu melenyapkan dari muka bumi.

Hari ini Ahad, 21 Juni 2020 saya menulis catatan pagi Ki Iding Banten ini sebelum shalat Shubuh, setelah selesai baca Al-Qur'an juz ke 21 dan Shadaqoh rutin pagi, melalui rekening BSM (451) 1970060339 Yayasan Ashabul Maimanah, sebuah yayasan yang menjafi legal standing dari Ma'had Yashma yang mendidik santri Tahfidz, Kader Ulama dan Santri Wirausaha. 

Alhamdulillah, dalam Al-Qur'an Juz ke 21 yang saya baca pagi ini ada sebuah ayat yang mengusik saya untuk menjelaskan tafsirnya dari ulama tafsir. Ayat tersebut sebagai berikut: 

(وَلَقَدۡ أَرۡسَلۡنَا مِن قَبۡلِكَ رُسُلًا إِلَىٰ قَوۡمِهِمۡ فَجَاۤءُوهُم بِٱلۡبَیِّنَـٰتِ فَٱنتَقَمۡنَا مِنَ ٱلَّذِینَ أَجۡرَمُوا۟ۖ وَكَانَ حَقًّا عَلَیۡنَا نَصۡرُ ٱلۡمُؤۡمِنِینَ)

[Surat Ar-Rum 47]

Dan sungguh, Kami telah mengutus sebelum engkau (Muhammad) beberapa orang rasul kepada kaumnya, mereka datang kepadanya dengan membawa keterangan-keterangan (yang cukup), lalu Kami melakukan pembalasan terhadap orang-orang yang berdosa. Dan merupakan hak Kami untuk menolong orang-orang yang beriman.

Ayat ini (Kata Imam Ibnu Katsir dalam Tafsirnya) diturunkan oleh Allah untuk menghibur hati hamba dan Rasul-Nya Nabi Muhammad Saw., bahwa jika ia didustakan oleh kebanyakan orang dari kalangan kaumnya, sesungguhnya para rasul terdahulu pun mengalami nasib yang sama, padahal mereka telah menyampaikan kepada umatnya masing-masing bukti-bukti yang jelas yang membenarkan kerasulan mereka. 

Tetapi pada akhirnya Allah menimpakan balasan-Nya kepada orang-orang yang mendustakan para rasul dan orang-orang yang menentang mereka, serta menyelamatkan orang-orang yang beriman kepada mereka.

{وَكَانَ حَقًّا عَلَيْنَا نَصْرُ الْمُؤْمِنِينَ}

Dan Kami selalu berkewajiban menolong orang-orang yang beriman. (Ar-Rum: 47)

Menolong orang-orang mukmin merupakan suatu keharusan yang Dia wajibkan atas diri-Nya sendiri yang Mahamulia sebagai anugerah dan karunia dari-Nya. Semakna dengan apa yang disebutkan oleh firman-Nya:

{كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَى نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ}

Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang. (Al-An'am: 54)

Demikianlah kata Al-Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya. Sangat jelas bagi kita bahwa ada 4 (empat) tahap perjuangan yang wajib dia sadari oleh seorang muslim, yaitu :

1. Masa kedatangan Rasul dengan membawa misi dari Allah yang jelas dan dijelaskan dengan terang benderang.

2. Masa Penentangan dan permusuhan orang-orang mujrim (pendosa) terhadap Para Rasul dan misi yang dibawanya.

3. Masa Pembalasan dari Allah, para Rasul-nya dan pengikut para Rasul kepada orang-orang Mujrim (musuh para rasul dan misi mereka)

4. Masa kemenangan dengan jaminan Allah Yang Maha Rahman Rahim.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations