Apa yang Anda bayangkan di Palestina saat ini? Tentunya kita tidak bisa mendengar katanya orang-orang tanpa fakta apa yang terjadi pada mereka. Sister Tahany Qasem, salah satu pejuang kemanusiaan menceritakan situasi kekinian di Palestina saat acara buka bersama yang diselenggarakan oleh Aksi Cepat Tanggap Bogor di Aula Masjid Al Muttaqien, Senin, 18 April 2022.

Acara yang dihadiri lebih dari 100 peserta dari berbagai kalangan, baik dari mitra, donatur, Masyarakat Relawan Indonesia, Komunitas Muslimah Hijrah, dll ini dipandu oleh Kepala Cabang ACT Bogor langsung sebagai moderator, yaitu Kang Eka Citra Saputra.

Diskusi yang sangat hangat ini ternyata adalah pengalaman pertama Sister Tahany Qasem pertama kali keluar dari Gaza, Sister Tahany Qasem juga diamanahi oleh ACT sebagai kepala cabang ACT Gaza. Beliau keluar dari Gaza melalui jalur Mesir. Respon yang luar biasa, ia mengatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat peduli situasi di Gaza.

Situasi di Gaza tepatnya di Masjidil Aqsa, saat ini zionis Israel melakukan penyembelihan qurban bahkan di dalam Masjidil Aqsa, selain mereka pun ingin menghancurkan dan membuat terowongan di Masjidil Aqsa. Mereka terus mengundang seluruh orang Israel untuk mendominasi Masjidil Aqsa. 

Ramadhan ini Sister Tahany Qasem mengatakan Zionis Israel sudah menangkap 400 orang lebih orang sipil dan warga lainnya. Di Gaza, angka gizi buruk, dan pengangguran sangat tinggi, mereka harus menunggu bantuan Internasional untuk mendapatkan makanan. Orang sakit tidak bisa keluar dari Gaza untuk berobat. Israel memperbolehkan untuk ke luar lepas pantai hanya 2 mil. 

Banyak sekali kondisi tragis di Gaza, mulai dari masalah krisis air yang ternyata 98% air tidak layak minum. Air di Gaza dialirkan hanya selama kurang lebih 7 jam, dan itupun di konsumsi oleh orang-orang di Gaza selama tiga hari. Jika kekurangan, orang-orang yang ada di Gaza harus membeli air dari Israel.

Begitu banyak hal yang disampaikan oleh Sister Tahany Qasem, sehingga banyak diantara peserta juga meneteskan air mata. Semoga kita semua bisa terus berkontribusi, minimal menyalurkan harta kita. KIta bisa ikut berkontribusi dengan ACT Bogor Raya untuk terus berkontribusi dalam kebaikan. Semoga menjadi amal jariyah untuk kita semua. Aamin

YOUR REACTION?

Facebook Conversations