Buffon membuat rekor baru, setelah Paolo Maldini mempertahankan sebelas tahun rekor penampilan bermain terbanyak di Liga Italia bersama AC Milan sejak 2009.

Sumber Foto : Transfermarket

Sumber Foto : Transfermarket

Pelatih Klub Nyonya Tua Italia, Juventus, Maurizio Sarri, tak mampu berkata-kata pasca kelanjutan pertandingan Serie A antara Juventus melawan Torino. Selain karena kemenangan besar 4-1, yaitu lahirnya rekor baru yang dicetak Gianluigi Buffon pada laga tersebut.

Setelah rekor Alessandro Del Piero yang bermain untuk Juve sebanyak 705 (1993-2012), kini ada Buffon kini menjadi salah satu pemain paling banyak membela Juventus. Yang paling menarik adalah rekor penampilan terbanyak Buffon di Serie A bersama Juventus dan Parma. 

Pujian pun datang dari sang Maestro Sarri Ball, Maurizio Sarri. "Dia seorang legenda. Tidak perlu kata-kata lagi, hanya tepuk tangan," kata Sarri seperti dilansir Sportskeeda. 

Sebuah jejak tak terbantahkan dibuat oleh Gianluigi Buffon.Kiper yang dijuluki Superman itu resmi mengambil singgasana Paolo Maldini sebagai pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A.

Pekan ini, Gianluigi Buffon mendapatkan kesempatan untuk tampil di laga derby melawan Torino. Sang kiper menjadi starter di partai tersebut. Ini adalah kali kedelapan Buffon bermain di Serie A sebagai starter musim ini. 

Buffon di laga itu telah mencatatkan diri dengan memiliki 648 penampilan di Serie A dimana itu merupakan sebuah rekor baru. Buffon yang berusia, 42 tahun resmi menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak di Serie A sepanjang masa, menyalib legenda AC Milan, Paolo Maldini yang pensiun sejak 2009. Catatan Buffon kemungkinan akan terus bertambah, mengingat laga di Serie masih bersisa 8 pertandingan, dan juga ia telah mendapat kontrak tambahan dari manajemen Juventus selama 1 tahun kedepan bersama Giorgio Chiellini yang juga menjadi salah satu pemain aktif dengan torehan penampilan lebih dari 500 kali untuk Juventus. Dengan demikian, rekor Buffon akan semakin sulit disamai oleh siapapun. Bahkan seorang Buffon harus melewati tahta Paolo Maldini setelah 11 tahun lamanya rekor tersebut tidak dipecahkan. 

Di bawah Maldini, ada Kiper legendaris Gianluca Pagliuca yang mencatatkan 592 penampilan di Serie A. Diikuti oleh Francesco Totti yang hanya mampu membuat 618 penampilan, dan selanjutnya ada Javier Zanetti yang sudah membuat 615 penampilan sebelum pensiun.

Penampilan Gianluigi Buffon di Serie A ia catatkan dalam tiga periode dalam karirnya. Periode pertama saat membela Parma di tahun 1995, sampai 2001. Buffon muda mencatatkan 168 penampilan di Parma selama enam tahun, yang akhirnya pindah ke Juventus di tahun 2001. Periode pertamanya bersama Juventus selama 17 tahun dari 2001-2018, yaitu tercatat 509 penampilan. Buffon sempat mencari tantangan baru demi trofi Liga Champions yang belum pernah di raihnya selama satu musim di PSG sebelum kembali ke Juventus tahun lalu. 

Di musim 2019/20 ini, ia tercatat membuat delapan penampilan sehingga jumlah penampilannya kini menyentuh angka 648 dan masih berpotensi bertambah. Sang Kiper legendaris ini masih bermimpi menyandingkan Trofi Piala Dunia yang diraihnya bersama Italia pada tahun 2006 dengan Trofi LIga Champions. Mari kita lihat Sang Superman beraksi lagi setidaknya satu tahun kedepan lagi. (Kang Auf)

YOUR REACTION?

Facebook Conversations