Google dilaporkan telah memberikan syarat baru bagi para manufaktur yang ingin merilis perangkat Android anyar. Google meminta perangkat yang dirilis setelah 31 Januari 2020 harus menjalankan Android 10.
Ilustrasi: easysmarttech

Syarat ini harus dipenuhi agar perangkat tersebut dapat diisi dengan Google Mobile Services (GMS). Adapun GMS berisi deretan aplikasi bawaan Google, termasuk Play Store dan Play Services.

Langkah ini diambil agar para pengguna dapat merasakan pengalaman Android 10. Selain itu, dengan versi terbaru, perangkat tersebut akan terus mendapatkan pembaruan keamanan paling mutakhir.

Sebagai syarat lain, Google juga meminta manufaktur untuk membenamkan fitur Digital Wellbeing. Perlu diketahui, fitur ini merupakan dasbor yang dipakai untuk memantau penggunaan aplikasi, termasuk durasinya.

Tidak hanya itu, manufaktur juga diminta untuk menyertakan fitur Family Link. Sesuai namanya, fitur ini membantu orang tua untuk memantau perangkat yang digunakan anggota keluarganya.

BACA JUGA:

Terakhir, perangkat Android anyar juga diwajibkan kompatibel dengan pengisi daya USB-C PD. Sekadar informasi, USB-C PD merupakan standar terbuka umum untuk UBS-C yang memungkinkan fitur pengisian daya cepat.

Ketentuan terakhir ini mungkin akan sedikit menyulitkan sejumlah manufaktur karen fitur pengisian daya cepat pada perangkat mereka hanya kompatibel dengan pengisi daya bawaan.

Sebelumnya, Google dilaporkan tengah mengerjakan sertifikasi smartphone gaming atau game device certification.

Sertifikat ini rencananya bakal diberikan kepada perangkat Android yang merupakan smartphone gaming. Sesuai namanya, perangkat ini didedikasikan untuk bermain gim mobile.

Mengingat hadir sebagai perangkat khusus gim, perangkat ini hadir dengan solusi spesial seperti sistem pendingin, dorsal control layaknya pada konsol, joypad tambahan, dan aksesoris lainnya.



YOUR REACTION?

Facebook Conversations