KH Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym dalam video unggahan akun Instagramnya, memperlihatkan beberapa jamaah haji yang akan dicukur rambut olehnya.
Aa Gym mencukur rambut salah seorang jamaah haji. Foto: Okezone

Aa Gym tampak sangat semangat sekali saat hendak mencukur habis rambut beberapa jemaah haji.

“Ya, inilah calon-calon yang akan dikurbankan, rambutnya ya! Masya Allah,” kata Aa Gym dalam video tersebut, sambil memperlihatkan jamaah haji yang antri untuk dicukur rambutnya.

Jemaah haji banyak yang antri minta dicukur rambutnya oleh Aa Gym. Mereka sabar menunggu dicukur rambutnya satu per satu.

Tahallul bermakna penghalalan yang merupakan sebuah proses akhir setelah seorang berihram. Begitu mengenakan kain ihram, seseorang diharamkan melakukan hal duniawi saat melaksanakan prosesi ibadah haji atau umrah.

Tahallul termasuk salah satu bagian wajib haji yang harus dilakukan oleh setiap jamaah haji. Salah satu bentuk tahallul adalah mencukur minimal 3 helai rambut. Adapun dalil yang menjelaskan tentang mencukur rambut setelah proses akhir berihram ada pada Surat Al-Fath ayat 27 yang berbunyi sebagai berikut,

لَقَدْ صَدَقَ اللَّهُ رَسُولَهُ الرُّؤْيَا بِالْحَقِّ ۖ لَتَدْخُلُنَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ إِنْ شَاءَ اللَّهُ آمِنِينَ مُحَلِّقِينَ رُءُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ لَا تَخَافُونَ ۖ فَعَلِمَ مَا لَمْ تَعْلَمُوا فَجَعَلَ مِنْ دُونِ ذَٰلِكَ فَتْحًا قَرِيبًا

“Sesungguhnya Allah akan membuktikan kepada Rasul-Nya, tentang kebenaran mimpinya dengan sebenarnya (yaitu) bahwa sesungguhnya kamu pasti akan memasuki Masjidil Haram, insya Allah dalam keadaan aman, dengan mencukur rambut kepala dan mengguntingnya, sedang kamu tidak merasa takut. Maka Allah mengetahui apa yang tiada kamu ketahui dan Dia memberikan sebelum itu kemenangan yang dekat.”



YOUR REACTION?

Facebook Conversations