Sempat diundur satu tahun karena Pandemi Covid 19, Euro 2021 (2020) membuat sejarah dengan digelar di 11 Kota, 11 Negara Berbeda.

Untuk pertama kali dalam sejarah Piala Eropa. Event akbar ini digelar di 11 Kota dan di 11 Negara berbeda. Sebelumnya, Piala Eropa pernah tiga kali digelar di dua negara yaitu Euro 2000 (Belanda dan Belgia), Euro 2008 (Austria dan Swiss), serta Euro 2012 (Polandia dan Ukraina). 

Berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, turnamen Piala Eropa kali ini dihelat di berbagai kota di Benua Biru. Awalnya, ada 12 kota yang akan menjadi tuan rumah. Namun, Dublin dan Bilbao kemudian dicoret dari daftar Kota tuan rumah Euro 2020. UEFA lantas memilih Sevilla sebagai kota pengganti Bilbao. Alhasil, Euro 2020 digelar di 11 Kota besar. Ke-11 kota tuan rumah Euro 2020 adalah London (Inggris), Baku (Azerbaijan), Muenchen (Jerman), Roma (Italia), Saint Petersburg (Rusia), Amsterdam (Belanda), Bucharest (Romania), Budapest (Hongaria), Kopenhagen (Denmark), Glasgow (Skotlandia), dan Sevilla (Spanyol).

Dari 11 negara yang akan menggelar pertandingan Euro 2020, lima di antaranya yaitu Azerbaijan, Denmark, Hongaria, Romania, dan Skotlandia untuk pertama kali bakal menjadi tuan rumah turnamen internasional utama. Pertandingan final Euro 2020 ini akan dilangsungkan di Stadion Wembley, London, Inggris. Untuk kali kedua, Stadion kebanggan rakyat Inggris ini akan menjadi venue pada laga puncak Piala Eropa setelah Euro 1996 di mana Jerman sukses mengalahkan Republik Ceko dengan skor tipis 2-1. Publik akan mengenang Striker Jangkung Oliver Bierhoff sebagai salah satu pahlawan Jerman yang mencetak gol kemenangan ketika itu.

Euro yang menjadi sedikit hiburan masyarakat dunia di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini layak ditunggu siapakah juaranya. Anda menjagokan siapa?

YOUR REACTION?

Facebook Conversations